close
sejuk di musim kemarau

Musim kemarau berarti lebih banyak keringat. Bagaimana caranya agar Anda bisa tetap merasa sejuk tapi tetap menghemat biaya? Jika menggunakan AC tentu akan membengkakkan biaya. Berikut ini adalah cara menghemat jika Anda ingin tetap sejuk di musim kemarau ini.

1. Kipas angin

Kipas angin adalah metode terbaik untuk tetap sejuk pada hari yang sangat panas. Jika Anda ingin menurunkan suhu ruangan, cukup taruh kipas angin di depan pintu atau jendela menghadap keluar. Anda juga bisa memasang kipas angin di langit-langit. Sejuk dan hemat, tentu saja.

2. Bayang-bayang

Bayang-bayang bisa dikatakan sebagai AC alami. Pada saat hari panas, Anda bisa berteduh di bawah bayang-bayang pohon atau rumah. Bayang-bayang tidak hanya akan menghangatkan Anda, tapi juga rumah Anda. Cocok bagi rumah yang memiliki peneduh dan pohon di sekitarnya.

3. Kolam anak-anak

Jika tidak memiliki kolam renang, manfaatkanlah kolam anak-anak yang terbuat dari plastik. Tempatkan kolam di teras atau dimanapun yang Anda rasa nyaman. Isi dengan air dingin. Anda bisa menaruh kursi plastik di dalam kolam kecil tersebut. Lalu, Anda tinggal duduk-duduk di kursi dengan kaki tercelup di air dingin, sambil membaca sebuah majalah fashion.

4. Hidrasi

Minum banyak air bukan hanya baik untuk kesehatan Anda, tapi juga akan membuat Anda tetap merasa sejuk selama musim kemarau. Dengan minum banyak, Anda akan berkeringat, dan penguapan ini akan mendinginkan tubuh.

5. Istirahat

Di musim kemarau, Anda tidak dituntut untuk tetap sangat aktif. Luangkan waktu untuk beristirahat. Anda bisa mencuci muka untuk membuat wajah terasa lebih segar.

Cara-cara di atas dijamin akan membuat Anda tetap sejuk di musim kemarau tanpa menguras tabungan Anda untuk membeli AC.

 

Sumber: www.stretcher.com

Tags : hidup hemat