close
tips sehat saat traveling

Anda suka traveling? Tapi apakah Anda termasuk orang yang selalu memperhatikan kesehatan waktu traveling atau termasuk yang mengabaikannya? Perlu Anda ketahui bahwa tujuan utama dari traveling adalah untuk menjadi bahagia, dan Anda tentu tak akan bahagia jika sakit saat traveling.

Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan saat traveling.

Menjaga Kesehatan Sebelum Perjalanan

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum perjalanan:

1. Perkuat sistem kekebalan tubuh Anda

Memang belum ada bukti ilmiah yang konklusif mengenai khasiat suplemen untuk mencegah pilek dan flu tapi kan tidak ada salahnya untuk membawanya ketika Anda traveling. Selain itu, Anda juga disarankan membawa probiotik untuk meningkatkan kesehatan usus.

2. Bawa benda-benda penting dalam jangkauan

Bawa benda-benda ini dalam tas carry-on yang akan Anda bawa naik kendaraan bersama Anda: hand sanitizer dengan setidaknya 50 persen alkohol, tisu desinfektan, syal atau jaket ringan yang bisa digunakan sebagai selimut, travel pillow (untuk perjalanan udara atau kereta yang panjang), perban; dan semprot hidung.

3. Kenakan kacamata alih-alih lensa kontak

Lensa kontak dapat mengeringkan mata Anda dan membuatnya rentan terhadap mikroba. Memakai kacamata juga membuat Anda cenderung tidak menyentuh atau menggosok mata Anda.

Menjaga Kesehatan Di Bandara, Terminal, Stasiun atau Tempat Umum Lainnya

Ketika berada di tempat umum, seperti terminal, stasiun, bandara, atau tempat lainnya, usahakan melakukan tips berikut:

1. Jaga jarak setidaknya 30 cm dari orang yang batuk, bersin, atau yang hanya terlihat sakit

Itu adalah jarak yang bisa dijangkau oleh percikan virus kecil ketika dikeluarkan atau dipaparkan oleh orang yang terinfeksi flu. Jika jarak Anda terlalu dekat, kurang dari jarak tersebut, virus mungkin akan mendarat di mata atau hidung dan berakhir di sistem pernapasan Anda.

2. Bersihkan tangan setelah menyentuh daerah berkuman

Daerah berkuman ini misalnya kios tiket, ATM, tempat sampah, gagang pintu, nampan makan dan meja, dan apa pun yang ada di kamar mandi. Benda yang tersentuh banyak orang bisa menimbulkan bahaya penularan penyakit. Gunakan pembersih pada semua bagian tangan Anda, pastikan untuk menyertakan ujung jari dan setiap cincin. Jika Anda tidak dapat membersihkan langsung, setidaknya Anda tetap sadar untuk tidak menyentuh tangan, hidung, dan mulut.

3. Perlakukan kamar mandi umum layaknya limbah kuman

Jangan meletakkan tas Anda di lantai, atau kit perlengkapan mandi Anda di meja (jika Anda harus melakukannya, jangan lupa membersihkannya dengan tisu desinfektan). Usahakan jangan duduk; toilet jongkok lebih bagus. Tutup kloset sebelum di-flush, atau jika tak ada tutupnya, flush ketika Anda siap keluar. Hindari menyentuh permukaan dengan tangan. Cuci tangan dengan sabun dan air selama 15 detik penuh sebelum Anda meninggalkan toilet. Gunakan tisu toilet (paper towel) untuk memegang gagang pintu saat Anda keluar (jika tidak bisa, gunakan hand sanitizer setelah Anda meninggalkan kamar mandi).

4. Kenakan kaus kaki saat melewati jalur keamanan bandara

Kemungkinan terkena jamur memang rendah tapi kaki Anda bisa saja menginjak kotoran, yang nantinya bisa tertransfer ke tangan saat Anda mengenakan sepatu Anda kembali.

5. Beli sebotol air (atau dua) sebelum naik di pesawat

Usahakan menghindari air keran di atas pesawat. Jika Anda perlu sikat gigi atau membasuh wajah di pesawat, gunakan air minum dalam kemasan.

Selengkapnya, baca Tips Menjaga Kesehatan Saat Traveling (Bagian II)

 

Sumber: cntraveler.com

Tags : hobipanduan wisata