close
taman nasional

Taman Nasional di seluruh dunia selalu layak untuk dikunjungi. Taman Nasional tentunya menawarkan flora dan fauna yang dilindungi, yang kebanyakan tidak pernah kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari. Di Indonesia saja, jumlah taman nasional mencapai 45 buah. Sementara di luar negeri, jumlahnya hampir tak terhitung dan masing-masing menawarkan keunikannya masing-masing.

Permasalahannya adalah jika Anda adalah seorang budget traveler yang memiliki anggaran yang terbatas. Tips berikut ini akan sangat bermanfaat bagi para budget traveler yang ingin mengunjungi taman nasional.

1. Pilih taman nasional dengan biaya masuk yang murah atau gratis

Kebanyakan taman nasional Indonesia menawarkan biaya yang murah untuk warga lokal. Bahkan beberapa masih gratis. Di luar negeri pun, seperti di Amerika misalnya, masih ada juga taman nasional yang biaya masuknya gratis. Jika Anda proaktif, tentu Anda bisa menemukan banyak taman nasional yang biaya masuknya gratis di seluruh dunia. Dengan memilih taman nasional gratis, tentu Anda bisa menghemat uang Anda, untuk biaya transportasi dari dan ke taman nasional tersebut, misalnya.

2. Kartu Pass Jangka Panjang

Beberapa taman nasional di luar negeri menawarkan kartu pass jangka panjang. Misalnya, di beberapa taman nasional di Amerika, Anda cukup membayar 10$ untuk seumur hidup bagi para manula. Ada pula kartu yang ditawarkan untuk jangka waktu tahunan.

Kartu pass yang sama juga tersedia di Kanada, dengan harga kurang dari CDN 70, yang bisa Anda gunakan untuk mengunjungi 27 taman nasional dan 77 situs bersejarah nasional.

3. Manfaatkan program-program gratis

Anda bisa mengikuti website yang membahas tentang taman nasional. Dan pasti, pada saat tertentu, Anda bisa mendapatkan program-program gratis yang pasti menarik. Misalnya, di Bryce Canyon National Park, ada program astronomi gratis pada bulan-bulan hangat di sepanjang tahun. Program mendaki Night Sky juga ditawarkan dengan reservasi beberapa bulan di awal. Karena langit di sini sangat bebas dari cahaya kota, diperkirakan Anda dapat melihat 2,2 juta tahun cahaya pada malam yang cerah.

Selain itu, masih banyak program yang ditawarkan oleh banyak taman nasional di seluruh dunia. Ingat, jangan melewatkan program yang ditawarkan dengan biaya yang tak terlalu mahal. Beberapa tur dengan guide juga sangat disarankan untuk diambil selama biayanya masih masuk akal untuk anggaran yang Anda canangkan.

4. Perhitungkan Biaya Tinggal di Luar Taman Nasional

Semua orang suka ide menghabiskan malam di sebuah perkemahan atau pondok dari sebuah taman nasional. Namun, ada kalanya ketika anggaran Anda tidak memungkinkan hal tersebut sehingga Anda lebih memilih penginapan yang terjangkau di luar taman nasional, yang diperuntukkan bagi pengunjung taman nasional.

Di beberapa tempat, restoran dan hotel terdekat terletak sangat jauh dari taman nasional. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan riset mengenai taman nasional yang akan Anda kunjungi, beserta transportasi dan akomodasi yang dibutuhkan agar bisa disesuaikan dengan anggaran Anda.

Bagi Anda penyuka wisata alam, daftar wisata alam Jepang berikut ini mungkin bisa Anda coba kunjungi juga.

 

Sumber: budgettravel.about.com

Tags : budget travelingpanduan wisatataman nasionalwisata luar negeri