close
memilih laptop

Apakah Anda berencana untuk membeli laptop? Ketersediaan banyak pilihan laptop di pasaran tentu membuat Anda bingung. Dalam satu merek saja, bisa ada puluhan jenis yang harus diperhitungkan. Tentu kalau Anda ekspert, akan mudah menentukan mana laptop terbaik untuk Anda. Kalau Anda pemula, hal ini tentu bisa jadi masalah.

Berikut ini adalah tips memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Berat dan ukuran layar

Ukuran layar laptop biasanya bervariasi antara 9 hingga 17 inci (atau sekitar 23-43 sentimeter). Semakin besar layarnya, laptop Anda juga akan semaki berat. Seimbangkan antara kebutuhan performa yang Anda inginkan dengan tingkat probabilitas untuk menentukan ukuran laptop yang tepat. Layar yang lebih besar akan lebih sulit untuk dibawa selama perjalanan atau traveling dan biasanya baterainya juga lebih cepat habis. Namun, laptop dengan layar besar bisa mendukung grafis yang lebih baik dan memiliki power lebih banyak. Sementara itu, layar kecil memiliki sifat-sifat yang berkebalikan.

2. CPU

CPU adalah otak komputer Anda. Dua penyedia CPU utama adalah Intel dan AMD. Intel menyasar pasar dalam hal teknologi canggih, sementara AMD menawarkan model kompetitif dengan harga yang lebih rendah. CPU dual-core lebih kuat dengan dukungan yang lebih baik untuk game dan grafis, sementara CPU single-core jauh lebih hemat biaya bagi orang-orang yang hanya menggunakan komputer mereka untuk kebutuhan kantor dasar dan fungsi web-browsing

3. RAM

Traveler bisnis dan pengguna rumahan disarankan mencari laptop dengan RAM sekitar 2 GB sampai 4 GB. Gamer, seniman grafis dan orang lain yang bekerja dengan video definisi tinggi harus mencari laptop dengan RAM lebih tinggi, yaitu antara 4 GB sampai 8 GB. Rata-rata siswa membutuhkan mesin hemat biaya untuk melakukan pekerjaan rumah, e-mail dan web browsing, yang bisa dicukupi dengan hanya 1 GB saja.

Setelah Anda memperhatikan semua hal di atas, kini Anda lebih siap ketika akan membeli komputer. Semoga cara membeli laptop ini bermanfaat. Apabila Anda masih ragu, sebisa mungkin ajaklah saudara atau teman yang memang ahli di bidang ini ketika Anda akan membeli laptop baru.

 

Sumber: electronics.howstuffworks.com

Tags : gadgetlaptop