close
fotografi hemat

Di dunia ini ada beberapa hobi yang mahal, salah satunya fotografi. Jika Anda termasuk orang yang suka hidup hemat, hobi fotografi ini tentu bisa sedikit memusingkan. Berikut ini adalah beberap tips fotografi hemat yang bisa Anda lakukan.

Memperbaiki Ketrampilan Fotografi Anda

1. Pelajari kamera Anda

Baca manual kamera Anda dan bawa kemanapun Anda pergi, khususnya jika Anda masih pemula. Inilah salah satu cara terbaik untuk memperbaiki ketrampilan fotografi Anda. Pelajarilah apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh kamera Anda. Ambillah banyak foto.

2. Ambil kelas fotografi lokal

Cari kelas fotografi local yang murah tapi mampu memberikan pengajaran kelas professional pada Anda. Dengan mengikuti kelas, Anda juga bisa dapat akses untuk beberapa fasilitas fotografi tertentu. Anda juga bisa saling bertemu dengan fotografer amatir lainnya untuk bertukar pikiran.

3. Gunakan tripod

Menggunakan tripod adalah cara terbaik untuk mempertajam hasil jepretan Anda dan ini bisa menjadi salah satu tips fotografi murah yang bisa Anda terapkan. Ketika memotret, jangan ambil risiko. Hasil jepretan dengan tripod lebih terjamin daripada dengan tangan biasa. Anda bisa membeli tripod murah dan mengambil foto di tempat yang tidak ekstrim.

Jika Anda melakukan tiga hal tersebut, hasil jepretan Anda akan menjadi semakin baik tanpa Anda perlu membeli peralatan tambahan. Namun, jika Anda ingin berinvestasi dan mungkin ingin menjadikan hobi ini sebagai pekerjaan atau sumber penghasilan tambahan, Anda boleh juga membeli peralatan tambahan. Namun, Anda perlu memperhatikan tips berikut ini.

1. Beli peralatan fotografi bekas

Anda dapat membeli peralatan bekas dari toko kamera. Tapi jika Anda kurang yakin, Anda bisa membeli dari tempat-tempat yang direkomendasikan oleh teman atau kenalan Anda.

2. Jangan membeli buku dan majalah fotografi

Alih-alih membeli buku fotografi, Anda bisa meminjam di perpustakaan. Perpustakaan biasanya memilii koleksi yang lebih lengkap daripada toko. Dan majalah fotografi biasanya lebih seperti brosur dari produk-produk terbaru. Temukan informasi terbaru di internet.

3. Jangan membeli peralatan khusus

Anda bisa meminjamnya atau menyewanya. Tidak ada alasan untuk memiliki lensa fisheye kecuali Anda memiliki aplikasi komersial. Menyewa lensa zoom super-long akan membuat Anda sadar bahwa Anda tak begitu membutuhkannya.

4. Lakukan pembelian dengan hati-hati

Tanyakan pada diri sendiri, ‘apa saya benar-benar membutuhkannya?’ Anda mungkin tergoda untuk membeli kamera atau lensa terbaru. Tapi, Anda harus bisa menahan keinginan tersebut.

5. Jadilah kreatif

Anda bisa menggunakan alat-alat yang Anda buat sendiri untuk mengganti peralatan fotografi yang tidak Anda miliki. Banyak tutorial DIY yang tersedia di internet.

6. Bandingkan beberapa toko

Jika Anda memang harus membeli peralatan fotografi baru, jangan hanya membeli dari satu toko saja. Cobalah membandingkan harga dari beberapa tempat. Hal ini juga berlaku untuk hal-hal kecil.

7. Carilah pendapatan tambahan dari hobi Anda

Anda bisa ikut kontes atau menawarkan jasa fotografi murah keada rekan-rekan terdekat Anda. Anda akan dapat penghasilan yang lumayan lho.

 

Sumber: www.getrichslowly.org

Tags : fotografihidup hemathobi