close
rumah terlihat baru

Mari kita akui: banyak dari kita yang tidak ingin menyiakan waktu dengan membersihkan rumah. Apalagi jika Anda sebagai perempuan juga bekerja sebagai wanita karir. Namun, ada beberapa hal kecil yang bisa Anda lakukan agar rumah Anda senantiasa terasa nyaman, siap menghadapi tamu yang datang, dan tentu saja, terasa seperti rumah baru. Baca tipsnya di bawah ini.

1. Melepas sepatu dan sandal di luar rumah

Anda pernah lihat beberapa acara di TV ketika tamu masuk menggunakan sandal atau sepatu ke suatu rumah? Hmm, jangan lakukan itu! Anda harus tegas kepada seluruh bahwa sepatu dan sandal tidak boleh melewati batas pintu. Dan untuk tamu, Anda bisa memasang suatu peringatan atau pemberitahuan bahwa sepatu dan sandal harus dicopot. Sepatu dan sandal membawa kuman dan kotoran yang tak baik untuk lantai Anda, khususnya jika Anda punya anak kecil yang masih belajar merangkak di lantai.

2. Membersihkan tempat tidur

Sebelum meninggalkan rumah atau melakukan aktivitas lain, Anda harus merapikan dan membersihkan tempat tidur Anda. Bahkan ketika ruangan lain tidak tertata dengan baik, tempat tidur yang rapi sudah sangat membantu membuat rumah lebih nyaman.

3. Membersihkan pintu kaca kamar mandi

Anda punya pintu kaca di kamar mandi, sebaiknya setiap selesai mandi Anda membersihkannya dengan pembersih kaca dari bahan karet untuk mencegah kotoran dan bintik-bintik air.

4. Membersihkan wastafel

Anda bisa menyimpan tisu basah di lemari atau di laci dekat wastafel. Gunanya, setiap selesai menggunakan, Anda bisa mengelap wastafel. Dengan demikian, Anda tak akan menemukan noda bekas pasta gigi yang mengering.

5. Melap meja dapur

Setiap malam, lap meja dapur Anda dengan cairan pembersih, yang bisa Anda buat sendiri: cuka dan air dengan rasio 1:3, lalu masukkan dalam botol semprot kecil. Cuka bis membersihkan minyak dengan lebih mudah dan bisa membantu membersihkan peralatan stainless Anda.

6. Bersih-bersih dapur sebelum tidur

Usahakan Anda tidak tidur dengan dapur kotor. Caranya, Anda bisa membersihkan dapur sembari memasak. Misalnya ketika Anda sedang menggunakan oven, Anda bisa melap meja dapur, atau mencuci peralatan yang selesai dipakai. Selesai makan malam, Anda hanya perlu mencuci piring kotor.

7. Menyapu sebelum tidur

Luangkan beberapa menit waktu untuk menyapu ruangan utama sebelum tidur. Ini akan membuat debu lebih mudah dibersihkan.

8. Merapikan rumah sebelum tidur

Selain dapur, Anda juga bisa merapikan bagian lain dari rumah, cukup 5 menit sebelum tidur. Kembalikan mainan anak ke tempatnya, gantung jaket pada gantungannya, dan letakkan semua barang di tempat asalnya.

9. Rapikan baju-baju

Sebelu tidur, letakkan pakaian kotor di keranjang, gantung baju yang masih bersih. Dan begitu bangun, masukkan piyama di tempatnya jika memang belum kotor.

10. Membua satu atau dua pintu

Membuka satu atau dua pintu akan membuat udara segar masuk rumah, sehingga ruangan akan terasa lebih segar dan nyaman.

 

Sumber: www.womansday.com

Tags : hunianrumah