close
tanda-tanda payudara 2

Setelah membahas mengenai berbagai kondisi payudara di bagian I, kita akan membahas mengenai tanda-tanda payudara lainnya yang bisa memberitahukan mengenai kondisi kesehatan Anda.

1. Payudara Anda gatal

– Anda mungkin meninggalkan residu sabun atau sampo di payudara Anda

Jika ini terjadi, Anda cukup membilas dengan air dan mengoleskan krim hidrokortison agar gejala ini reda.

– Anda alergi terhadap pakaian

Bra baru bisa saja mengandung pewarna atau senyawa lainnya yang menimbulkan reaksi, dan hal yang sama juga berlaku untuk sweater bulu. Oleskan krim hidrokortison dan bergantilah pakaian atau bra untuk melihat apakah rasa gatal tersebut hilang.

– Anda sedang menstruasi

Kadang-kadang perubahan hormon dapat memicu gatal.

– Anda mungkin mengalami penyakit Paget

Penyakit ini juga disebut sebagai karsinoma puting, bentuk yang sangat jarang dari kanker payudara. Perhatikan gatal yang menyerang putting dan areola. Apakah ada kulit berkerak dan bersisik? Apakah putting menjadi rata? Atau mungkin ada cairan darah atau kekuningan? Jika Anda melihat gejala-gejala ini, segera hubungi dokter.

2. Payudara terasa bengkak dan sakit

– Anda akan menstruasi

Pada saat akan menstruasi, memang wajar jika Anda mengalami perubahan payudara, mulai dari tekstur hingga sensitivitas. Untuk mengetahui apakah gejala terkait dengan siklus Anda atau tidak, cobalah untuk mengkonsumsi: 200 miligram vitamin B6, 300 miligram vitamin E , dan dua kapsul 500 miligram minyak evening primrose. Kemudian tunggu satu siklus menstruasi. Jika rasa sakit dan bengkak tidak hilang, Anda perlu menghubungi dokter.

– Anda mungkin kebanyakan kafein

Kafein kadang-kadang dapat memperburuk nyeri payudara sehingga mengurangi konsumsi kopi dan soda bisa membantu mengembalikan kondisi payudara/

3. Puting mengeluarkan cairan putih seperti susu

– Anda mungkin merasa terangsang

Payudara dirancang untuk membuat susu sehingga jika payudara mengeluarkan cairan mirip susu, maka Anda tak perlu khawatir. Hal ini dapat terjadi sebagai respon terhadap rangsangan dan Anda tak perlu hamil atau menyusui untuk bisa mengalaminya.

– Anda mungkin meminum antidepresan atau antipsikotik

Beberapa obat-obatan resep meningkatkan kadar prolaktin Anda, hormon yang merangsang produksi susu. Walaupun kebanyakan tak berbahaya, obat-obatan ini bisa juga menimbulkan efek samping.

4. Puting mengeluarkan cairan seperti darah

– Anda mungkin memiliki tumor non-kanker

Juga dikenal sebagai papilloma (pertumbuhan berlebih dari saluran susu), kondisi ini membutuhkan pemeriksaan dari dokter.

5. Puting mengeras

– Anda mungkin sedang terangsang

Puting yang mengeras jarang ada kaitannya dengan kelainan payudara. Itu hanya kontraksi dari otot-otot kecil di sekitar puting dan berhubungan dengan stimulasi sebelum atau setelah berhubungan seks.

– Anda kedinginan

Jika Anda tidak sedang terangsang, kemungkinan lain adalah Anda sedang kedinginan.

6. Puting tertarik atau terjadi kerutan pada puting dan payudara

– Mungkin ada kanker payudara di belakang puting Anda

Setiap jenis cekungan di payudara atau puting bisa menunjukkan adanya pertumbuhan kanker. Anda harus segera menghubungi dokter.

7. Anda merasa payudara Anda padat

– Anda tidak benar-benar memiliki payudara yang padat

Kebanyakan wanita yang berpikir mereka memiliki kondisi ini telah melakukan kekeliruan: kekerasan pada payudara menjelang menstruasi Kebanyakan wanita yang berpikir mereka memiliki kondisi ini dengan ‘payudara yang padat’, diagnosis klinis yang hanya bisa dideteksi melalui mammogram.

– Anda mungkin memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara yang tak terdeteksi

Tapi ini cukup kontroversial: Beberapa dokter mengatakan lebih sulit untuk mendeteksi tumor melalui jaringan payudara padat. Masalahnya adalah terlalu mudah mendapatkan diagnosis kanker positif yang salah melalui USG.

8. Anda bisa melihat pembuluh darah melalui kulit payudara

– Anda mungkin lebih rentan terhadap kanker kulit

Kulit yang pucat sangat rentan terhadap matahari. Anda masih aman selama Anda masih menggunakan tabir surya setiap akan keluar rumah.

9. Payudara seperti jeruk

– Anda mungkin terkena kanker payudara

Jika payudara Anda yang halus mulai menjadi kasar, (seperti kulit jeruk), dengan areola dan puting mengeras, mungkin itu tanda adanya kanker.

10. Ada benjolan pada satu payudara

– Anda mungkin memiliki kista jinak

Jika terasa bulat dan halus, dan bergoyang, itu mungkin kista jinak berisi cairan (bukan tumor). Hubungi dokter dan lakukan USG.

– Ini mungkin kanker payudara

Perubahan berat dan rasa sakit pada payudara bisa menimbulkan ketakutan akan kanker. Jika Anda merasa khawatir, segera hubungi dokter.

 

Sumber: www.womansday.com

Tags : payudara