close
tanda-tanda payudara 1

Payudara Anda bisa mengatakan banyak hal mengenai apa yang terjadi dalam tubuh Anda. Gunakan tanda-tanda ini untuk mempelajari apa yang coba ditunjukkan mengenai kesehatan Anda.
Berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa And abaca dari payudara Anda.

1. Payudara bertambah besar

– Anda mengalami pertambahan berat badan

Setelah pubertas, payudara Anda tumbuh ketika bagian lain dari tubuh Anda juga bertambah besar. Pertambahan berat bisa terjadi karena sejumlah alasan, antara lain banyak makan, stres, jarang bergerak, atau kurang tidur. Namun, pertambahan berat badan yang berlebihan bisa meningkatkan risiko tumbuhnya berbagai macam kanker.

– Anda mungkin sedang menstruasi, sedang memulai control kehamilan baru, atau sedang hamil.

Perubahan hormon dapat memicu lonjakan pertumbuhan jaringan payudara. Asalkan hal ini terjadi pada kedua payudara, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Payudara Anda menyusut

– Anda mengalami penurunan berat badan

Karena payudara Anda terdiri dari jaringan lemak, gundukan payudara akan menjadi yang pertama menyusut saat Anda kehilangan berat badan Anda. Jika Anda mudah turun berat badan dan ukuran cup payudara tanpa alasan yang jelas, segera hubungi dokter.

– Mungkin siklus Anda baru dimulai

Jika payudara cenderung membesar saat awal menstruasi, ketika hormon sudah kembali rileks, payudara akan menyusut.

3. Payudara yang satu lebih besar daripada lainnya

– Ini mungkin hal yang normal

Payudara tidak ada yang simetris dan payudara yang berbeda ukuran itu adalah normal adanya.

– Mungkin juga tanda kanker payudara

Ketika salah satu payudara berubah bentuk secara signifikan, itu bisa menandakan kelainan terkait dengan kanker payudara. Segera hubungi dokter untuk pemeriksaan.

4. Iritasi di bawah payudara

– Anda mungkin alergi terhadap sesuatu

Hal yang membuat alergi bisa apa saja, seperti bra underwire yang mungkin terbuat dari nikel, yang merupakan iritan umum. Atau bisa juga residu sabun atau sweater yang gatal. Gunakan krim hidrokortison topikal pada ruam di bawah payudara. Jika ruam hilang dalam beberapa hari, artinya Anda baik-baik saja.

– Anda mungkin mengalami intertrigo inframammary

Intertrigo inframammary adalah suatu kondisi peradangan pada lipatan antara bagian bawah payudara Anda dan kulit di bawahnya. Krim antibiotik atau steroid, OTC kortison, atau Neosporin dapat mengurangi peradangan. Selain itu, Anda bisa menggunakan bra ukuran yang tepat untuk memisahkan kulit dari payudara Anda.

– Anda mungkin perlu mencuci bra Anda

Memakai bra atau bra olahraga yang sama bisa menyebabkan infeksi bakteri dan jamur, terutama jika Anda cenderung berkeringat di bawah payudara Anda.

5. Muncul stretch mark yang sangat jelas

– Anda mungkin mengalami pertambahan atau penurunan berat badan

Setiap kali berat Anda bertambah, payudara akan meluas dan berkontraksi, tang menyebabkan munculnya stretch mark pada payudara. Dan kehilangan berat badan, seperti setelah melahirkan, juga bisa memunculkan stretch mark ini.

6. Anda mempunyai warna puting yang berbeda

– Ini bukan masalah serius

Hal ini tidak terkait dengan kanker payudara. Tiap wanita memiliki pola pigmentasi yang berbeda.

7. Ukuran puting Anda terlalu kecil atau besar

– Ini bukan masalah serius

Payudara wanita memiliki variasi ukuran puting.

8. Ada bintil pada areola

– Ini bukan masalah serius

Payudara dirancang untuk memproduksi susu. Dan benjolan tersebut merupakan ujung saluran susu. Ujung ini biasanya mengembang sedikit jadi sangat normal jika Anda memiliki bintil mirip jerawat di areola Anda.

9. Ada beberapa helai rambut di payudara

– Anda mungkin telah terkena krim atau gel testosteron

Beberapa orang menggunakan krim semacam ini untuk meningkatkan dorongan seksual. Tapi jika Anda terkena ini, Anda bisa merasakan efek samping, berupa pertumbuhan rambut di tempat acak, termasuk payudara.

– Anda memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Jika Anda merasa tiba-tiba mengalami pertumbuhan bulu dada, kadar testosteron Anda mungkin meningkat karena PCOS, suatu kondisi dimana indung telur atau kelenjar adrenal menghasilkan jumlah bulu dada, kadar testosteron Anda mungkin meningkat karena PCOS, suatu kondisi dimana indung telur atau kelenjar adrenal menghasilkan jumlah hormon laki-laki secara berlebihan, yang menghasilkan kista di indung telur, dan gejala lainnya seperti jerawat dan menstruasi yang tidak teratur. Karena PCOS dapat menyebabkan kemandulan jika tidak diobati, kunjungi dokter untuk melakukan diagnosa.

Baca kelanjutannya di bagian II.

 

Sumber: www.womansday.com

Tags : payudara