close
sifilis

Sifilis (raja singa) adalah infeksi bakteri umum yang menyebar melalui hubungan seks. Sifilis mudah disembuhkan dengan obat antibiotik, namun bisa menyebabkan kerusakan permanen jika Anda tidak diobati.

Wanita hamil dengan penyakit ini bisa menularkannya ke bayi mereka. Penyakit ini, disebut sifilis kongenital, bisa menyebabkan kelainan atau bahkan kematian pada anak.

Sifilis tidak dapat disebarkan oleh kursi toilet, kenop pintu, kolam renang, bak air panas, bak mandi, pakaian bersama, atau peralatan makan.

 

Seperti apa gejala sifilis?

Gejala pertama sifilis bisa memakan waktu 10 hari sampai 3 minggu untuk muncul setelah infeksi. Gejala yang paling umum adalah sakit yang tidak nyeri yang muncul dimana virus ditransmisikan – biasanya pada penis, vagina atau anus. Kelenjar getah bening Anda (di leher, selangkangan atau ketiak) juga bisa membengkak.

Sakit akan hilang dalam 2-6 minggu. Namun, jika virus itu sendiri tidak diobati, virus itu akan berpindah ke tahap kedua.

Anda tidak bisa mendiagnosis sifilis dengan melihat gambar karena gejalanya bervariasi dari orang ke orang. Jika Anda mengira Anda menderita sifilis, temui dokter atau petugas kesehatan Anda sesegera mungkin.

 

Gejala sifilis sekunder dimulai beberapa minggu setelah lenyapnya sakit dan meliputi:

  • Ruam kulit yang tidak gatal
  • Pertumbuhan kulit kecil pada vulva (pada wanita) dan sekitar anus (pada pria dan wanita)
  • Gejala seperti flu seperti kelelahan, sakit kepala, nyeri sendi dan demam
  • Bengkak kelenjar getah bening
  • Penurunan berat badan
  • rambut rontok.

Gejala ini bisa hilang dalam beberapa minggu, atau datang dan pergi selama beberapa bulan.

 

Tanpa pengobatan, sifilis menjadi ‘laten’ dimana Anda tidak mengalami gejala apapun meski Anda tetap terinfeksi. Tahapan ini bisa terjadi bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun dan ada bahaya pindah ke tahap paling berbahaya – sifilis tersier.

 

Sepertiga orang yang tidak diobati karena sifilis mengalami gejala serius pada tahap ini termasuk:

Pada tahap ini, sifilis juga bisa menyebabkan kematian.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk melihat profesional kesehatan dan diuji dan diobati pada tahap awal sifilis.

 

Bagaimana Sifilis Diobati?

Jika Anda telah terinfeksi sifilis kurang dari setahun, satu dosis penisilin biasanya cukup untuk menghancurkan infeksi. Bagi mereka yang alergi terhadap penisilin, tetrasiklin, doksisiklin atau antibiotik lain dapat diberikan sebagai gantinya. Jika Anda berada dalam tahap penyakit selanjutnya, dosis lebih banyak akan dibutuhkan.

Orang yang dirawat karena sifilis harus menjauhkan diri dari kontak seksual sampai infeksi benar-benar hilang. Pasangan seksual penderita sifilis harus diuji dan, jika perlu, diobati.

 

Bagaimana Sifilis Mempengaruhi Wanita Hamil dan Bayi?

Bergantung pada berapa lama wanita hamil terinfeksi sifilis, dia memiliki kesempatan melahirkan yang baik (kelahiran bayi yang meninggal sebelum melahirkan) atau melahirkan bayi yang meninggal sesaat setelah kelahiran.

Jika tidak segera diobati, bayi yang terinfeksi mungkin terlahir tanpa gejala namun bisa mengembangkannya dalam beberapa minggu. Tanda dan gejala ini bisa sangat serius. Bayi yang tidak diobati dapat mengalami keterlambatan perkembangan, mengalami kejang, atau meninggal.

 

Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Sifilis?

Untuk mengurangi risiko infeksi sifilis:

  • Hindari kontak intim dengan orang yang Anda kenal terinfeksi.
  • Jika Anda tidak tahu apakah pasangan seksual terinfeksi, gunakan kondom.
Tags : ciri ciri penyakit raja singaobat raja singapenyakit raja singapenyakit sifilispenyebab sifilisraja singasifilis adalah