close
richard branson

Sebagai seorang entrepreneur, Anda mungkin berpikir bahwa mendapatkan investor adalah segala-galanya. Namun, sebenarnya, crowdfunding dan pinjaman bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk para entrepreneur, khususnya start-up baru karena Anda bisa bereksperimen dan tumbuh dengan bisnis Anda. Hal inilah yang diungkapkan oleh Richard Branson baru-baru ini posting blognya.

Mendapatkan investasi untuk ide bisnis Anda bisa sangat sulit, bahkan Richard Branson telah mengalami itu. Dia memulai majalah Student pada usia 16, jadi dia paham rasanya seperti apa ditolak oleh investor berkali-kali hanya karena Anda kurang pengalaman. Dan dalam perjalanan bisnis Anda, menurut Richard, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang berpikir bahwa mereka lebih tahu daripada Anda mengenai cara menjalankan ide bisnis Anda. Dan kadang memang mereka benar, tapi itu bukan intinya.

Branson mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk membuktikan kepada investor skeptis bahwa Anda memiliki semua yang dibutuhkan adalah segera memulai bisnis Anda. Dengan cara itu, Anda bisa membuktikan bahwa ide Anda benar-benar bisa bekerja.

Richard juga menambahkan bahwa keyakinan bahwa Anda memerlukan investasi yang cukup besar ketika Anda memulai bisnis hanyalah sebuah mitos. Faktanya, hanya sebagian kecil dari bisnis yang dibiayai dengan cara ini.

Richard memulai Student dengan hanya £ 300, yang didapat setelah ibunya menjual sebuah kalung yang ditemukannya di jalan. Richard menggunakan uang itu untuk mewawancarai orang-orang berpengaruh dan meyakinkan perusahaan untuk membeli iklan di majalah.

Namun, untuk masa sekarang, crowdfunding dan kekuatan media sosial telah membuat peluncuran bisnis lebih mudah bagi para pengusaha baru.

Branson juga mengatakan bahwa walaupun Anda bahwa mendapatkan persetujuan, prestise, dan uang tunai dari investor sangat penting untuk bisnis Anda, hal ini sebenarnya malah bisa menghambat usaha Anda. Memiliki fleksibilitas untuk berubah dan tumbuh sangat penting untuk start-up, terutama jika Anda baru mulai berbisnis.

Alasan menjadi pengusaha mungkin berbeda-beda, tapi salah satunya adalah ingin menjadi bos untuk diri sendiri. Dengan menggunakan bantuan investor, Anda akan kehilangan kendali itu. Anda mungkin tak akan bisa membangun bisnis sesuai mimpi Anda. Untuk itu, bangunlah mimpi Anda tanpa investor, dan carilah investasi nanti setelah ide Anda terbukti sukses.

 

Sumber: www.virgin.com

Tags : bisnisentrepreneurkisah suksesrichard bransonstrategi bisnis