close
penyakit karena alkohol

Meminum alkohol, terutama dalam jumlah yang berlebihan, bisa memberi dampak negatif pada tubuh kita. Kebiasan minum alkohol juga bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Bahkan peneliti menunjukkan ada sekitar 60 masalah kesehatan yang dikaitkan dengan konsumsi alkohol. Berikut ini adalah beberapa diantara penyakit yang muncul akibat konsumsi alkohol yang berlebihan.

1. Anemia

Minum minuman keras secara berlebihan bisa menyebabkan jumlah sel darah merah yang membawa oksigen menjadi sangat rendah. Kondisi ini, yang dikenal sebagai anemia, dapat memicu sejumlah gejala, termasuk kelelahan, sesak napas, dan pusing.

2. Kanker

Minum alkohol secara teratur bisa mengakibatkan kanker. Para ilmuwan percaya peningkatan risiko datang ketika tubuh mengubah alkohol menjadi asetaldehida, sebuah karsinogen kuat. Lokasi kanker yang berkaitan dengan konsumsi alkohol antara lain mulut, faring (tenggorokan), laring (kotak suara), esofagus, hati, payudara, dan daerah kolorektal. Risiko kanker meningkat lebih tinggi pada peminum berat yang juga menggunakan tembakau.

3. Penyakit kardiovaskular

Pada peminum berat, trombosit cenderung mengumpul menjadi gumpalan darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Peneliti Harvard menemukan bahwa minum alkohol secara berlebihan meningkatkan risiko kematian sebanyak dua kali lipat. Minum secara berlebihan juga menyebabkan kardiomiopati, kondisi yang berpotensi mematikan di mana otot jantung melemah dan akhirnya gagal, serta kelainan irama jantung seperti atrial fibrilasi dan ventrikel. Selain itu, masih banyak penyakit kardiovaskular lainnya yang dikaitkan dengan konsumsi alkohol.

4. Sirosis

Alkohol adalah racun bagi sel-sel hati, dan banyak peminum berat akhirnya terserang sirosis, dimana kondisi hati benar-benar sangat luka dan bisa berujung kematian. Untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, perempuan tampaknya sangat rentan.

5. Demensia

Seiring bertambahnya usia, otak manusia menyusut, rata-rata, pada tingkat sekitar 1,9% per dekade. Dan hal tersebut dianggap normal. Namun, minum alkohol bisa mempercepat penyusutan daerah tertentu di otak, yang mengakibatkan hilangnya memori dan gejala lain dari demensia. Banyak minum alkohol juga dapat menyebabkan hilangnya kemampuan untuk membuat rencana, memecahkan masalah, dan melakukan aspek lain dari ”fungsi eksekutif”, yang membuat kita menjadi “manusia”.

6. Depresi

Banyak orang depresi lari ke alkohol untuk menyembuhkan diri. Tapi sebuah studi besar dari Selandia Baru bahwa yang sebaliknyalah yang terjadi. Banyak minum alkohol bisa menyebabkan depresi. Dan depresi semakin parah saat peminum menaiki mobil.

7. Kejang-kejang

Minum berat dapat menyebabkan epilepsi dan dapat memicu kejang bahkan pada orang yang tidak memiliki epilepsi. Hal ini juga dapat mengganggu kinerja obat yang digunakan untuk mengobati kejang-kejang.

8. Encok

Encok adalah kondisi yang menyakitkan, dimana terjadi pembentukan kristal asam urat pada sendi. Meskipun encok adalah penyakit keturunan pada sebagian besar kasus, alkohol dan faktor diet lainnya tampaknya memainkan peran. Alkohol juga tampaknya memperburuk encok yang sudah ada.

 

Sumber: www.webmd.com

Tags : alkoholminuman