close
pasta gigi untuk jerawat

Ketika muncul jerawat di wajah Anda, pastu banyak orang yang menyarankan Anda untuk mengobati jeraway tersebut, salah satunya mungkin menggunakan odol untuk jerawat. Penggunaan pasta gigi untuk jerawat memang telah dilakukan beberapa orang karena biayanya yang murah dan bahannya yang mudah didapat. Namun, apakah hal ini memang efektif untuk menyembuhkan jerawat?

Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa pasta gigi mampu membuat jerawat mengering dengan cepat, banyak juga yang mengeluhkan bahwa kulit mereka mengalami iritasi dan kemerahan setelah diolesi pasta gigi.

Ide untuk menggunakan pasta gigi untuk mengatasi jerawat mungkin dikarenakan kebanyakan pasta gigi mengandung triclosan, yaitu suatu bahan anti-bakteri yang juga ditambahkan pada produk lain seperti sabun dan deodorant. Triclosan juga terdapat dalam obat jerawat, tapi hanya sebagai zat pengawet dan bukan sebagai bahan aktif.

Tapi pasta gigi juga mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit, terutama kulit halus pada wajah. Menggunakan pasta gigi pada jerawat yang sudah meradang dapat menyebabkan kulit semakin memerah dan iritasi. Beberapa bahkan bisa mengalami rasa seperti terbakar yang sangat parah ketika mencoba mengaplikasikan odol untuk penghilang jerawat dan membuat kulit terasa sakit bahkan beberapa hari sesudahnya. Intinya, odol atau pasta gigi bisa memperburuk kondisi jerawat Anda.

Jika Anda mencoba menyembuhkan jerawat, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti buah, lidah buaya, jeruk nipis, putih telur, daun sirih, atau minyak zaitun kualitas tinggi. Beberapa produk yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat atau sulfur juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan mempercepat penyembuhan. Dan produk tersebut jauh lebih aman dan lembut untuk kulit Anda jika dibandingkan dengan penggunaan pasta gigi untuk obat jerawat.

 

Sumber: acne.about.com

Tags : jerawatkecantikanpasta gigitips kecantikanwajah