close
banyak bertanya

Banyak orang sukses adalah orang yang suka bertanya. Misalnya Steve Jobs dan Richard Branson dengan pernyataan kritis mereka yang mengantar mereka pada kesuksesan. Lantas, mengapa orang yang berani bertanya bisa sukses? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Mereka bisa berempati

Pada intinya, kepemimpinan membutuhkan kecerdasan emosional dan empati. Anda harus memahami manusia lainnya agar Anda bisa memimpun mereka. Orang yang suka mengajukan pertanyaan ingin merasa lebih terhubung dengan orang-orang di sekitar mereka. Empati ini akhirnya akan membuat kita mempelajari kekuatan dan kelamahan kita, sehingga bisa kita manfaatkan untuk meraih kesuksesan.

2. Mereka tidak takut meminta bantuan

Ketika Steve Jobs berusia 12 tahun, dia secara pribadi menghubungi Bill Hewett, co-founder dari Hewlett-Packard dan menanyakan suku cadang untuk penghitung frekuensi. Hewett tidak hanya mengiriminya suku cadang, tapi juga memberinya pekerjaan di HP. Jobs mengatakan dirinya tidak pernah bertemu orang yang menolak membantu ketika dia meminta bantuan kepada mereka. Kesediaan untuk meminta bantuanlah yang memberi Jobs keberanian untuk mencari nama Hewett di buku telepon adalah jalan menuju kesuksesannya.

3. Mereka tak berhenti belajar

Jika Anda tidak berkembang, artinya Anda mati. Mereka yang mengajukan pertanyaan memahami bagaimana pentingnya menjadi murid dari kehidupan. Tidak peduli berapa banyak informasi dapat diakses melalui smartphone kita, cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan bertanya pada seseorang.

4. Mereka percaya diri tapi tidak sombong

Mengajukan pertanyaan berarti mengakui bahwa Anda tidak mengetahui segala sesuatu. Tapi, nyatanya, jarang yang mau mengakui. Ketika Anda mengajukan pertanyaan, Anda sebenarnya menampilkan kepercayaan diri bahwa Anda merasa cukup aman untuk mengakui ada sesuatu yang Anda tidak ketahui.

5. Mereka bisa membingkai masalah dan solusi

Albert Einstein pernah mengatakan bahwa jika ia punya satu jam untuk memecahkan masalah dan hidupnya tergantung pada hal itu, dia akan menghabiskan 55 menit pertama menentukan pertanyaan yang akan dia tanyakan, karena sekali dia mendapatkan pertanyaan yang tepat, dia hanya akan butuh waktu 5 menit untuk menyelesaikannya. Inovasi lahir dari pemimpin yang memahami bagaimana cara melihat melihat masalah secara berbeda dengan membingkainya menggunakan pertanyaan.

6. Mereka adalah pendengar yang baik

Pemimpin besar memahami luasnya wawasan yang diperoleh dari mengajukan pertanyaan yang tepat dan mereka akan benar-benar mendengarkan jawaban dari timnya. Richard Branson menyatakan bahwa menjadi pendengar yang baik adalah salah satu dari 5 tips sukses memulai bisnis. Ide-ide brilian dapat muncul dari tempat yang paling tidak mungkin, sehingga Anda harus selalu menjaga telinga Anda tetap terbuka untuk beberapa saran cerdas.

7. Mereka memiliki perspektif luas

Dalam posisi kepemimpinan, mudah sekali untuk mengembangkan visi berdasarkan perspektif Anda sendiri dan beberapa bias yang terkait dengan hal tersebut. Pertanyaan investigative membebaskan pemimpin dari pandangan yang hanya berdasarkan pemikiran mereka. Mereka mencoba menggunakan sudut pandang orang lain juga.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : produktivitas