close
memencet jerawat

Ketika sedang memiliki jerawat dan melihatnya di cermin, yang terlintas di pikiran Anda tentu hanya satu: Anda ingin memencet jerawat tersebut dan mengeluarkan semua isinya. Sebenarnya, apakah boleh memencet jerawat? Tidak! Sebenarnya, Anda sangat dilarang memencet jerawat Anda. Mengapa demikian? Ini alasannya.

1. Menimbulkan bekas luka

Memencet jerawat menyebabkan bekas luka, dan itu jauh lebih buruk dan lebih permanen dari jerawat kecil kecil.

2. Menimbulkan keropeng

Bahkan jika jerawat yang Anda pencet tersebut tidak meninggalkan bekas luka, setelah Anda memencet jerawat, pasti jerawat tersebut akan menjadi keropeng hitam berkerak yang tidak menarik untuk dilihat. Dan jika dibandingkan dengan jerawat, keropeng ini akan lebih sulit disembunyikan.

3. Menyebabkan infeksi

Memencet atau meremas jerawat bisa menyebabkan infeksi. Apalagi jika Anda menggunakan alat atau tangan yang tidak higienis. Kuman atau bakteri bisa masuk ke dalam luka dan menyebabkan infeksi. Beberapa infeksi bahkan mungkin memerlukan perawatan medis. Jika terlambat ditangani, malah bisa bahaya.

4. Memunculkan jerawat baru

Memencet jerawat juga bisa menyebabkan munculnya jerawat baru. Cairan jerawat yang keluar dan mengenai bagian lain mungkin bisa menyebabkan kotoran masuk ke pori. Atau tangan Anda yang kurang bersih yang bisa menyebabkan munculnya jerawat baru.

5. Menimbulkan rasa sakit

Memencet jerawat bisa menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini akan semakin parah untuk jerawat yang ukurannya besar, apalagi jerawat batu. Jerawat besar memiliki cairan jerawat yang masuk jauh di bawah kulit, karenanya jika dipencet akan terasa sangat sakit. Beberapa bahkan terasa sakit ketika tidak dipencet. Tapi anehnya, banyak wanita yang menyadari adanya rasa sakit ini tapi masih saja mau memencet jerawatnya.

6. Memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh

Jika Anda membiarkan jerawat tanpa menyentuhnya, jerawat tersebut akan bisa hilang atau sembug lebih cepat daripada jika Anda memencetnya. Jika Anda memencetnya, akan timbul luka. Dan tubuh akan berusaha menyembuhkan luka itu terlebih dahulu baru kemudian menyembuhkan jerawatnya.

7. Lebih sulit untuk ditutupi

Jika Anda memencet jerawat, jerawat akan memerah dan bengkak, selain kemungkinan munculnya bekas luka dan keropeng. Dan ketika Anda akan mengoleskan makeup, jerawat yang merah dan bengkak ini akan sulit untuk ditutupi, bahkan ketika menggunakan concealer. Dengan demikian, tampilan makeup Anda tak akan bisa terlihat flawless.

 

Sumber: allwomenstalk.com

Tags : jerawatkecantikantips kecantikanwajah