close
mendengkur

Beberapa orang mendengkur saat tidur. Penyebab mendengkur sangatlah beragam. Dan tak bisa dipungkiri, hal ini bisa sangat menganggu. Ada pula kemungkinan mendengkur adalah gejala apnea, yaitu berhentinya pernafasan sementara selama tidur.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai penyebab dan gejala mendengkur.

 

Apa Saja Penyebab Mendengkur?

Berikut ini adalah beberapa penyebab orang mengeluarkan dengkuran pada saat tidur:

1. Kegemukan, Kehamilan, dan Faktor Genetik

Jaringan ekstra di tenggorokan bisa bergetar saat Anda menghirup udara dalam tidur Anda, yang kemudian menyebabkan Anda mendengkur. Jaringan tenggorokan biasanya membesa pada orang yang kelebihan berat badan, obesitas atau hamil. Faktor genetik yang dapat menyebabkan mendengkur termasuk tambahan jaringan tenggorokan serta amandel yang membesar, kelenjar gondok besar, langit-langit lunak (soft palate) yang panjang atau uvula yang panjang.

2. Alergi, Hidung Tersumbat, dan Struktur Nasal Tertentu

Apa pun yang mencegah Anda dari bernapas melalui hidung dapat menyebabkan Anda mendengkur. Hal ini dapat mencakup hidung tersumba karena pilek atau flu, alergi atau kelainan bentuk hidung seperti septum yang menyimpang.

3. Konsumsi alkohol, merokok, penuaan, dan beberapa obat-obatan termasuk relaksan (pengendur) otot

Anda mungkin mendengkur ketika oto tenggorokan atau lidah Anda kendur. Zat yang dapat mengendurkan otot ini dapat menyebabkan Anda mendengkur. Hal tersebut meliputi alkohol, relaksan otot, dan obat lainnya. Merokok dalam jangka panjang serta penuaan juga bisa menjadi penyebab mendengkur karena keduanya menyebabkan kendurnya otot lidah dan tenggorokan.

 

Gejala Mendengkur dan Apnea

Gejala utama dari mendengkur sangatlah jelas, yaitu suara serak, kasar, atau keras yang Anda buat ketika Anda tidur. Gejala lain mungkin termasuk bangun dengan sakit tenggorokan atau mulut kering.

Anda mungkin mengalami apnea jika terjadi gejala-gejala berikut:

– Mengantuk berlebihan di siang hari

– Tersedak atau terengah-engah saat Anda tidur

– Jeda dalam bernapas

– Sakit kepala di pagi hari

– Kesulitan berkonsentrasi

– Murung, lekas marah atau depresi

– Sering buang air kecil pada malam hari

(Untuk menghentikan dengkuran Anda, Anda bisa baca tips di sini).

 

Sumber: www.sleepeducation.com

Tags : gangguan tidurmendengkur