close
masa pakai barang

Merawat barang-barang Anda memang akan membuatnya lebih tahan lama tapi akhirnya barang-barang tersebut akan aus dan perlu diganti. Tentu tak masalah jika yang rusak adalah barang-barang yang tak mahal seperti sepasang sepatu. Tapi jika barang-barang yang besar yang rusak, tentu lainnya ceritanya. Hal ini bisa sangat mengguncang keuangan, terutama jika Anda tek mempersiapkannya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai masa hidup atau masa pakai dari barang-barang besar yang ada di rumah Anda.

1. Kulkas

Banyak lemari es yang dibuat tahun 1920-an sampai 1950-an masih digunakan hingga saat ini. Sayangnya, masa pakai kulkas masa kini tidak sebagus itu. Untuk kulkas modern, masa pakainya hanya sekitar 9 hingga 13 tahun. Anda ingin kulkas Anda bertahan lebih lama? Jika ya, pilihlah model sederhana yang tidak dilengkapi berbagai fitur. Semakin sedikit fitur, berarti kemungkinan rusak juga semakin kecil dan tentu saja lebih murah dan mudah jika harus diperbaiki.

2. Oven

Oven listrik modern biasanya bisa bertahan hingga 13 sampai 15 tahun, sementara oven minyak tanah bisa dipakai sekitar 10 hingga 18 tahun, dan kompor minyak tanah bisa bertahan 15 hingga 17 tahun. Tentu saja, Jika Anda tidak pernah memasak, kompor Anda bisa bertahan seumur hidup. Biasanya ini semua tergantung pada kebiasaan penggunaan Anda.

3. Mesin pencuci piring

Anda bisa menggunakan mesin pencuci piring hingga 9 tahun. Jika Anda merawatnya setiap beberapa bulan sekali, masa pakainya mungkin bisa lebih lama.

4. Mesin cuci

Anda bisa memiliki mesin cuci yang bertahan hingga 5 sampai 15 tahun. Beberapa tahun lalu, masa pakai mesin cuci bisa lebih lama. Mengapa demikian? Itu karena beberapa perangkat baja kini diganti dengan plastik.

5. Komputer

Kebanyakan bisnis dan konsumen tampaknya mengikuti rencana penggantian komputer yang sering diajarkan, seperti berikut: Rencanakan hingga tiga tahun, berharaplah bisa empat tahun, dan jangan paksakan hingga lima tahun. Itu aturannya, tapi tidak menutup kemungkinan Anda masih bisa menggunakan desktop atau laptop Anda hingga 6 sampai 7 tahun. Jadi, Anda harus berjaga-jaga uang untuk membeli laptop baru setelah tiga tahun.

6. TV

TV menggunakan energi jauh lebih sedikit saat ini, tapi masa pakainya juga lebih pendek. Untuk TV LCD/LED, masa pakainya bisa sekitar 4-10 tahun dan TV plasma selama 3 tahun. Menggunakan merek yang bagus biasanya juga membantu menambah masa pakai karena mereka cenderung memakai komponen yang lebih bagus.

7. Atap

Atap adalah pembelian besar, jadi Anda harus merencanakannya sebaik mungkin. Berikut ini adalah masa pakai berbagai jenis atap:

– Atap sirap aspal (3-tab): 20 tahun
– Atap sirap aspal (arsitektur): 30 tahun
– Logam: 40-80 tahun
– Kayu: 25 tahun
– Slate: 60-150 tahun

8. Mobil

Kebanyakan orang menjaga mobilnya hingga 6 tahun, namun sebenarnya mobil masa kini memiliki masa pakai hingga 11,4 tahun. Jadi, Anda bisa lebih menghemat uang Anda.

 

Sumber: frugalliving.about.com

Tags : barang elektronikgadgethidup hemat