close

Protein adalah makronutrien yang diperlukan untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh manusia yang tepat. Kekurangan protein menyebabkan penyusutan jaringan otot dan gangguan fungsi tubuh manusia pada umumnya.

Berikut adalah beberapa alasan kita membutuhkan protein. Yang pertama, kita memerlukan cukup banyak nutrisi makronutrien ini untuk membangun dan memperbaiki otot. Selain itu, protein bekerja untuk memperlambat pelepasan karbohidrat ke dalam aliran darah Anda, yang dapat mencegah lonjakan gula darah mendadak yang dapat mendorong penyimpanan lemak dan menurunkan energi dalam tubuh.

Untuk atlet dan mereka yang ingin membangun otot mungkin mendapat manfaat dari peningkatan asupan protein, namun mereka harus sadar akan risikonya. Kelebihan protein biasanya diproses oleh tubuh, namun dapat menyebabkan ketegangan pada hati dan ginjal, dan juga dapat meningkatkan risiko kanker (terutama dari sumber hewani).

Nilai Harian (% DV) untuk protein ditetapkan 50 gram per hari, namun individu dengan massa otot lebih banyak memerlukan lebih banyak.

Untuk mencapai jumlah yang tinggi ini, Anda harus memastikan menu makanan Anda dipenuhi dengan beragam sumber makanan berprotein tinggi.

 

Sumber Makanan/Nutrisi Yang Mengandung Protein Tinggi

Telur

omelet

Telur ukuran sedang memiliki sekitar 6 gram protein dalam bentuk yang mudah dicerna. Omelet adalah salah satu cara dalam penyajiannya.

 

Susu

susu coklat

Selain mengandung protein, susu juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Susu coklat adalah sumber nutrisi yang bagus setelah berolahraga, karena mengandung karbohidrat dengan protein.

 

Yogurt

yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan kaya protein. Karena sebagian besar laktosa dihilangkan, yogurt dapat dikonsumsi oleh mereka yang menderita intoleransi laktosa.

 

Daging Sapi

daging sapi

Daging sapi sangat tinggi proteinnya, dan rasanya juga enak. Selain itu juga mengandung zat besi, vitamin B12 dan banyak nutrisi lainnya.

 

Ikan dan Makanan Laut

makanan laut

Ikan dan makanan laut adalah sumber protein yang baik dan biasanya rendah lemak. Sementara sedikit lebih tinggi lemak daripada varietas lainnya, paket salmon dalam asam lemak omega-3 sehat jantung yang dapat mengurangi kekakuan dan pembengkakan sendi.

 

Kacang Kedelai

susu kacang kedelai

Jika Anda tidak menderita intoleransi laktosa, mengonsumsi makanan protein kedelai seperti tahu dan minuman berbasis kedelai akan membantu pemulihan pasca kehamilan, dan juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Ayam

ayam panggang

Jika menyangkut protein hewani, pilihlah protein tanpa lemak dari unggas daging putih seperti.

 

Kacang-kacangan

kacang kacangan

Ini adalah sumber protein yang bagus. Kacang dan kacang juga merupakan sumber zat besi dan serat yang baik.

 

Kentang

kentang

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain kedua kandungan tersebut, dalam kentang kita bisa mendapatkan sumber protein yang sangat berguna bagi tubuh kita. Dalam sajian 100 g kentang kita bisa mendapatkan manfaat 2g protein kentang. Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita temukan dalam tanaman tersebut karena ia merupakan makanan penambah darah rendah dan makanan penurun kolesterol jahat super cepat.

Tags : bahan makanan yang mengandung proteinmakanan yang banyak mengandung proteinmakanan yang mengandung protein tinggimakanan yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot