close
semangka untuk kecantikan

Tahukan Anda bahwa semangka tak hanya enak dimakan dan menyehatkan, tapi buah ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk kecantikan tubuh Anda.

Apa saja manfaat semangka untuk kecantikan? Baca artikel di bawah ini hingga tuntas.

Manfaat Semangka untuk Kecantikan Kulit

Semangka memiliki kandungan air yang sangat besar. Selain itu, semangka juga kaya akan vitamin A, C dan antioksidan, yang penting untuk kesehatan kulit. Berikut ini adalah manfaat semangka untuk kulit Anda:

1. Anti penuaan

Radikal bebas pada tubuh bisa menyebabkan -tanda penuaan seperti garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik usia. Semangka merupakan sumber yang kaya antioksidan seperti lycopene, serta vitamin A dan C yang membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga mencegah tanda-tanda penuaan tersebut.

2. Melembabkan dan menghidrasi kulit

Dehidrasi dapat membuat kulit kita terlihat kering dan kusam. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat mengoleskan campuran semangka yang dihaluskan bersama madu. Buah ini juga bisa dikonsumsi secara teratur agar kulit menjadi lembab.

3. Menyembuhkan jerawat

Semangka adalah salah satu solusi alami terbaik untuk jerawat. Jika kulit Anda rentan terhadap jerawat, pijat kulit Anda dengan jus semangka setiap hari. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut: Bersihkan wajah Anda secara menyeluruh. Celupkan kapas dalam jus semangka. Oleskan ke wajah Anda. Biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

4. Menghilangkan kelebihan minyak pada kulit

Semangka merupakan sumber vitamin A yang bagus yang sangat penting untuk kesehatan dan vitalitas kulit kita. Vitamin A membantu mengurangi ukuran pori-pori kulit dan meminimalkan minyak yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous.

5. Mengobati kulit yang terbakar matahari

Semangka dapat juga digunakan untuk mengobati kulit yang terbakar matahari. Caranya, campurkan semangka halus dengan mentimun halus. Aduk, kemudian ratakan campuran tersebut di wajah Anda. Biarkan selama 20 menit. Lalu bilas. Ramuan ini juga akan membuat kulit Anda terasa ringan.

Manfaat Semangka untuk Kecantikan Rambut

Semangka juga baik untuk kecantikan rambut, antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Semangka mengandung fitonutrien yang disebut citrulline dalam jumlah yang sangat banyak. Zat ini meningkatkan jumlah arginine dalam tubuh. Arginine adalah asam amino yang meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Semangka juga membantu menyediakan protein dan mineral yang mendorong pertumbuhan rambut.

Beberapa buah lain juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan Anda.

 

Sumber: www.stylecraze.com

 

 

Tags : buahkecantikankulitrambutramuan alamisemangkatips kecantikan