close
membayar dengan uang tunai

Kini, Anda tak perlu repot melakukan pembayaran karena jenis pembayaran telah sangat beragam, mulai dari uang tunai, kredit, dan debit. Namun, apakah Anda tahu kapan harus menggunakan jenis pembayaran tertentu. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai kapan Anda bisa menggunakan uang tunai.

Uang tunai adalah raja karena uang tersebut “siap siaga” kapanpun Anda membutuhkan. Untuk yang ingin menghindari hutang atau sedang puasa berhutang (kredit), uang tunai adalah pilihan terbaik. Hal ini karena Anda hanya akan belanja dengan uang yang Anda punya saja atau berapapun yang tersisa di rekening Anda.

Kapan Anda Harus Menggunakan Uang Tunai?

Berikut ini adalah kondisi yang mengharuskan Anda menggunakan uang tunai dibandingkan jenis pembayaran lainnya:

1. Jika Anda ingin keluar dari jeratan hutang kredit

Untuk jenis utang lainnya, menggunakan uang tunai dapat membantu Anda juga.

2. Di toko kecil di daerah Anda

Pemilik usaha kecil sangat menyukai uang tunai karena mereka tidak perlu membayar biaya pembayaran kartu kredit. Meskipun semakin jarang toko yang hanya melayani pembelian tunai, tapi tak ada salahnya jaga-jaga. Dan dengan demikian, Anda juga telah mendukung perekonomian lokal.

3. Ketika memberi tip

Anda bisa memberi tip dengan menggunakan kartu kredit. Tapi tip dengan uang tunai untuk jasa layanan yang telah diberikan pada Anda akan terasa lebih berharga dan menyenangkan bagi mereka.

4. Garage sale

Sekali lagi, uang tunai adalah raja. Untuk acara garage sale dan acara sejenis lainnya, sangat direkomendasikan untuk membawa uang tunai jika Anda memang berniat membeli karena jika tidak, Anda bisa kehilangan target Anda karena didahului mereka yang membawa uang tunai.

Kelemahan Uang Tunai

Apakah uang tunai memiliki kelemahan? Tentu saja semua pilihan memiliki kelemahan. Dengan membayar menggunakan uang tunai, Anda akan kesulitan untuk melacak pengeluaran Anda. Dan jika sesuatu yang buruk terjadi, seperti pencurian atau penjambretan, uang itu akan hilang selamanya (kecuali pelakunya tertangkap dan uang dikembalikan kepada Anda).

 

Sumber: moneyning.com

Tags : belanja bijak