close
membayar dengan kartu kredit

Di antara beberapa pilihan jenis pembayaran yang tersedia, tentu Anda harus cerdik mengakali dan mengetahui mana pembayaran yang tepat untuk beberapa situasi tertentu. Setelah dijelaskan mengenai saat yang tepat menggunakan uang tunai pada artikel sebelumnya, pada artikel berikut ini kita akan mempelajari tentang kapan Anda harus menggunakan kartu kredit.

Kapan Anda Harus Menggunakan Kartu Kredit?

Jika Anda adalah pengguna kartu kredit bertanggung jawab dan bisa membayar saldo secara penuh setiap bulannya, serta mampu menjaga pemanfaatan kredit Anda pada angka 30 persen atau lebih rendah, kartu kredit bisa menjadi pilihan terbaik untuk:

– Melacak pengeluaran Anda

– Mendapatkan imbalan berupa reward atau cash back

– Memperoleh perlindungan penipuan pada pembelanjaan Anda

 

Kartu kredit juga merupakan pilihan yang tepat untuk:

– Pengeluaran bisnis

– Pembelian besar yang dapat segara Anda lunasi

– Pembiayaan traveling, guna mendapatkan diskon khusus traveling

 

Kelemahan Kartu Kredit

Apakah kartu kredit juga memiliki kelemahan? Tentu saja setiap jenis pembayaran memiliki kelemahan masing-masing. Dan kelemahan kartu kredit meliputi:

1. Kartu kredit bisa menyebabkan hutang jika Anda tidak berhati-hati dalam menggunakannya.

Jika Anda tidak bisa melunasi secara penuh setiap bulan, maka sisa tagihan yang tidak terbayar akan terkena bunga dan lama-lama bisa menumpuk menjadi hutang yang mengerikan.

2. Kartu kredit bisa meningkatkan pengeluaran Anda

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa konsumen menghabiskan lebih banyak dengan kartu kredit. Dan bahayanya hal ini bisa mengarah pada kelemahan yang telah dijabarkan pada poin nomor 1.

3. Masalah keamanan dalam berbelanja

Walaupun ada perlindungan penipuan, masih saja ada faktor keamanan yang bisa terancam dengan penggunaan karti kredit, meliputi masuknya pelanggaran data, informasi kartu kredit bocor, dan pencurian identitas. Identitas pribadi ini tentu akan sangat merugikan jika dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sangatlah mudah menggunakan kartu kredit karena sekali gesek semua beres. Jadi, tanyakan lagi pada diri Anda: apakah saya benar-benar membutuhkannya?

 

Sumber: moneyning.com

Tags : belanja bijakkartu kreditkredit