close
istilah internet

Jika Anda masih pemula dalam dunia internet, berikut ini adalah beberapa istilah internet yang wajib Anda pelajari.

1. Web vs Internet

Internet adalah ‘interkoneksi jaringan komputer yang luas’ yang terdiri dari jutaan perangkat yang menyediakan berbagai macam informasi. Internet menjadi rumah dari banyak lapisan infromasi dengan protokol yang berbeda, yang meliputi World Wide Web, FTP, Telnet, gopherspace, instant messaging, dan email. World Wide Web atau web adalah porsi paling populer dari internet. Web ini bisa dilihat melalui software web browser.

2. http dan https

http adalah kepanjangan dari ‘hypertext transfer protocol’ yang merupakan bahasa halaman web. Ketika sebuah halaman web memiliki prefiks ini, kemungkinan besar link, teks, dan gambar bisa dibuka pada browser web Anda. Sementara itu, https adalah ‘hypertext transfer protocol SECURED’ yang berarti bahwa halaman web tersebut dilengkapi lapisan inkripsi khusus untuk menyembunyikan informasi dan password pribadi Anda sehingga keamanan data Anda lebih terjaga.

3. Browser

Browser adalah paket perangkat lunak gratis yang memungkinkan Anda melihat halaman web, gambar, dan konten online. Software browser dirancang khusus untuk mengkonversi HTML dan XML ke dalam dokumen yang dapat dibaca. Browser web yang paling populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan Safari.

4. HTML dan XML

Hypertext Markup Language adalah bahasa program yang menjadi dasar dari sebuah halaman web. HTML memerintah browser Anda untuk menampilkan teks dan grafis secara teratur. menggunakan perintah yang disebut ‘HTML tag’ yang terlihat seperti berikut:
<body></body>
<a href=”www.about.com”></a>
<title></title>

XML eXtensible Markup Language, dan masih bisa dibilang saudara dari HTML. XML berfokus pada katalogisasi dan databasing isi teks dari halaman web. Perintah XML terlihat seperti berikut:
<entry>
<address>
<city>

5. URL

URL, atau ‘uniform resource locators’ adalah alamat web browser dari halaman atau file internet. Sebuah URL bekerja sama dengan alamat IP untuk membantu kita menemukan halaman atau file tertentu pada browser web kita. URL biasanya terdiri dari 3 hal: protokol (biasanya berakhiran dengan tanda //), komputer host (biasanya berakhiran .com), dan nama file atau halaman. Misalnya: https://csdnews.com/5-mitos-tentang-mengecas-hp/

6. Alamat IP

‘Internet Protocol’ dari komputer Anda nomor seri elektronik empat bagian atau delapan bagian. Sebuah alamat IP bisa terlihat seperti ‘202.3.104.55’ atau ’21DA:D3:0:2F3B:2AA:FF:FE28:9C5A lengkap dengan titik atau titik dua. Setiap komputer, ponsel, dan perangkat yang mengakses internet diberikan setidaknya satu alamat IP untuk tujuan pelacakan. Di mana pun Anda menelusuri, setiap kali Anda mengirim email atau pesan instan, dan setiap kali Anda men-download file, alamat IP Anda bertindak seperti jenis plat mobil sebagai sarana akuntabilitas dan pelacakan.

7. Email

Email (dulunya dipisah, e-mail) adalah surat elektronik, yaitu pengiriman dan penerimaan pesan yang diketik dari satu layar ke yang lain. Email biasanya ditangani oleh layanan webmail (misalnya Gmail atau YahooMail), atau paket perangkat lunak yang diinstal (misalnya Microsoft Outlook).

Setelah memahami istilah-istilah tersebut, mungkin Anda ingin segera browsing layaknya seorang hacker? Ingin tahu caranya? Klik di sini.

 

Sumber: netforbeginners.about.com

Tags : internetweb