close
lensa kamera

Tiga lensa yang Anda butuhkan selama traveling hanyalah lensa fisheye, 50 mm, dan 135 mm (atau telephoto lainnya yang sejenis). Mengapa demikian? Jika Anda ingin tahu alasannya silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

1. Fisheye 15mm f/2.8

Lensa fisheye adalah penangkal dari gambar membosankan. Ketika ke luar negeri, Anda tentu ingin berfoto atau memoto katedral, jembatan tua, bangunan pemerintahan, dan banyak lagi. Tapi jika gambar Anda standar, Anda hanya akan menyumbang gambar yang sama ke 1.5 juta gambar lain yang ada di Flickr atau Google images. Untuk membuat foto Anda berbeda dan membuat orang berhenti beberapa detik untuk melihat foto Anda, jawabannya adalah lensa Fisheye. Anda bisa melakukan cara pemotretan yang berbeda atau pada saat yang berbeda untuk mendapatkan hasil foto yang tidak membosankan.

Memotret dengan lensa fisheye bisa jadi sangat menyenangkan. Pegang kamera Anda tepat di depan mata dengan lensa fisheye terpasang, geser kamera ke atas, dan Anda akan melihat garis horison melengkung secara tajam di kedua sisinya, menciptakan nuansa “globe” pada hasil foto Anda.

2. Lensa 50mm f/1.4

Lensa ini termasuk lensa yang sangat wajib dibawa. Meksipun fisheye bisa memberikan gambar yang fun, namun tidak semua suasana cocok dipotret dengan lensa itu. Dan, menurut para fotografer, lensa 50mm adalah representasi paling dekat dengan apa yang dilihat oleh mata kita secara alami. Lensa 50mm f/1.4 dibuat dari kaca asli tapi tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan f/1.2. Anda bisa melakukan street photography dengan lensa ini. Paling asyik mungkin adalah sengaja menyasarkan diri di kota yang baru sambil menjepret wajah-wajah asing yang Anda temui.

3. Lensa 135mm f/2.0

Telephoto ini memungkinkan Anda untuk menangkap background dan memberikan rasa lain pada hasil foto Anda. Lensa ini adalah lensa portrait yang bagus karena mampu melenyapkan latar belakang dalam lautan pada nuansa bokeh. Lensa jenis ini memang panjang tapi tidak terlalu berat. Anda bisa memata-matai orang dari jauh menggunakan lensa ini. Background yang tak nampak pada lensa lain akan menjadi fokus utama dalam lensa ini, sehingga gambar Anda bisa terlihat lebih hidup.

Jadi, alih-alih membawa semua lensa Anda saat traveling, pilihlah yang kiranya paling Anda suka dan paling Anda butuhkan. Dan menurut rekomendasi kami, tiga lensa tersebut adalah pilihan terbaik.

 

Jika Anda berpikir perlu pula membawa tripod, baca di sini untuk panduan memilih tripod yang baik untuk traveling.

 

Sumber: digital-photography-school.com

Tags : fotografifotografi travelinggadgetkamerakamera dslrlensa kamerapanduan wisataperalatan traveling