close
gejala flu

Musim pancaroba adalah salah satu waktu yang rawan bagi kita terserang berbagai macam penyakit, termasuk flu. Lindungi diri Anda sebaik mungkin, dan pahami 6 gejala awal flu berikut ini agar Anda bisa menanganinya sedini mungkin.

Gejala Awal Flu

1. Rasa kelelahan yang berat dan tiba-tiba

Hari terasa sangat pendek dan begitu matahari mulai menghilang, Anda merasa sangat lelah jika dibandingkan dengan sebelumnya. Tapi ada perbedaan antara rasa lelah dan kelelahan yang ekstrim. Kelelahan yang berat dan tiba-tiba biasanya merupakan gejala awal flu dan biasanya merupakan peringatan sebelum munculnya gejala flu lainnya. Jika Anda merasa tubuh Anda tiba-tiba merasa kelelahan parah, itu artinya tubuh Anda sedang berperang melawan flu.

2. Nyeri tubuh dan menggigil

Nyeri tubuh dan menggigil adalah perbedaan antara gejala flu dan pilek. Ketika Anda terserang virus flu, Anda mungkin menyalahartikan nyeri tubuh sebagai akibat dari olahraga. Nyeri tubuh dapat terjadi di bagian manapun dari tubuh Anda, terutama kepala dan kaki. Menggigil bisa muncul pada saat yang sama, atau beberapa saat setelah nyeri terasa. Flu sering menyebabkan menggigil sebelum demam.

3. Batuk

Batuk yang persisten merupakan indikasi awal dari penyakit, dan mungkin menjadi tanda peringatan dari flu. Virus flu dapat menyebabkan batuk disertai mengi dan dada sesak. Selama serangan virus, Anda mungkin batuk berdahak atau mengeluarkan lendir, tetapi hal ini jarang terjadi pada tahap awal dari flu. Jika Anda memiliki masalah pernapasan, seperti asma, Anda mungkin perlu untuk pergi ke dokter untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Anda juga perlu memanggil dokter jika dahak Anda berwarna. Selalu tutup mulut Anda ketika Anda batuk untuk mencegah penyebaran infeksi.

4. Sakit tenggorokan

Batuk terkait flu dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Beberapa virus sebenarnya dapat menyebabkan tenggorokan bengkak tanpa batuk. Pada tahap awal dari flu, tenggorokan Anda mungkin merasa gatal dan iritasi. Anda juga dapat merasakan sensasi aneh ketika Anda menelan makanan atau minuman. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, kemungkinan akan semakin buruk seiring dengan perkembangan virus. Minum teh, sup, atau air hangat untuk meredakan ketidaknyamanan ini.

5. Demam

Demam adalah tanda bahwa tubuh Anda sedang mencoba untuk melawan infeksi. Demam flu biasanya 38 derajat atau lebih tinggi. Walaupun demam adalah gejala umum pada tahap awal flu, tidak semua orang yang terkena flu mengalami demam. Juga, Anda kemungkinan mengalami kedinginan (menggigil) disertai atau tanpa demam ketika virus sedang bekerja. Acetaminophen (Tylenol) dan ibuprofen efektif untuk mereduksi demam, tapi tidak dapat menyembuhkan virus.

6. Masalah pencernaan

Gejala flu awal juga bisa menjauhi kepala, tengggorokan, dan dada. Beberapa bentuk virus dapat menyebabkan diare, mual, sakit perut, atau muntah. Gejala seperti ini ebih banyak terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Dehidrasi adalah komplikasi yang berbahaya dari diare dan muntah, sehingga Anda harus siap elektrolit untuk penanganan dini.

 

Gejala Darurat Flu

Flu adalah penyakit progresif, dan gejala cenderung memburuk sebelum membaik. Tidak semua orang merespon virus dengan cara yang sama. Dan, kesehatan Anda secara keseluruhan dapat memainkan peran dalam menentukan keparahan gejala Anda. Gejala awal yang dianggap layak perawatan medis darurat meliputi:

– sakit dada
– kesulitan bernapas
– kulit dan bibir kebiruan
– dehidrasi berat
– pusing dan kebingungan
– demam berulang (dengan atau tanpa memburuknya batuk)

 

Sumber: www.healthline.com

Tags : flu