close
penyakit_eksim

Eksim adalah istilah untuk sekelompok kondisi medis yang menyebabkan kulit menjadi meradang. Jenis eksim yang paling umum dikenal sebagai dermatitis atopik, atau eksim atopik. Atopik mengacu pada sekelompok penyakit dengan kecenderungan yang sering diwariskan untuk mengembangkan kondisi alergi lainnya, seperti asma dan demam.

Alih-alih kondisi kesehatan yang spesifik, eksim adalah pola reaksi yang dihasilkan kulit pada sejumlah penyakit. Ini dimulai sebagai merah, lepuh kecil yang diangkat yang mengandung cairan bening di atas plak merah dan tinggi. Saat lecet pecah, kulit yang terkena akan menangis dan ooze. Pada eksim yang lebih tua, eksim kronis, lecet kurang menonjol dan kulit menebal, tinggi, dan bersisik. Eksim hampir selalu sangat gatal.

 

Apa Saja Gejala Eksim?

Tidak peduli bagian mana dari kulit yang terkena, eksim hampir selalu gatal. Terkadang gatal akan mulai sebelum ruam muncul, tapi bila terjadi, ruam paling sering muncul di wajah, di belakang lutut, pergelangan tangan, tangan, atau kaki. Ini mungkin juga mempengaruhi area lain juga.

Daerah yang terkena biasanya tampak sangat kering, menebal, atau bersisik. Pada orang berkulit putih, area ini awalnya mungkin tampak kemerahan dan kemudian menjadi coklat. Di antara orang berkulit gelap, eksim dapat mempengaruhi pigmentasi, membuat daerah yang terkena lebih terang atau lebih gelap.

Pada bayi, ruam gatal bisa menghasilkan kondisi oozing, crusting yang terjadi terutama pada wajah dan kulit kepala, namun bercak bisa muncul dimana saja.

 

Apa Penyebab Eksim?

Penyebab pastinya eksim tidak diketahui, namun diperkirakan terkait dengan respons yang terlalu aktif oleh sistem kekebalan tubuh terhadap iritan. Respon inilah yang menyebabkan gejala eksim.

Selain itu, eksim umumnya ditemukan pada keluarga dengan riwayat alergi atau asma lainnya. Juga, cacat pada penghalang kulit bisa membuat kelembaban dan kuman masuk.

Beberapa orang mungkin mengalami gatal sebagai respons terhadap zat atau kondisi tertentu. Bagi beberapa orang, bersentuhan dengan bahan kasar atau kasar dapat menyebabkan kulit menjadi gatal. Bagi orang lain, merasa terlalu panas atau terlalu dingin, terpapar produk rumah tangga tertentu seperti sabun atau deterjen, atau bersentuhan dengan bulu binatang dapat menyebabkan wabah. Infeksi saluran pernapasan bagian atas atau pilek juga bisa memicu. Stres dapat menyebabkan kondisi memburuk.

Meskipun tidak ada obatnya, kebanyakan orang dapat secara efektif mengelola penyakit mereka dengan perawatan medis dan dengan menghindari iritasi. Kondisinya tidak menular dan tidak bisa menyebar dari orang ke orang.

 

Bagaimana Eksim Diobati?

Tujuan pengobatan untuk eksim adalah untuk meringankan dan mencegah gatal, yang dapat menyebabkan infeksi. Karena penyakit ini membuat kulit kering dan gatal, krim dan krim dianjurkan untuk menjaga kulit tetap lembab. Produk ini biasanya diaplikasikan saat kulit lembab, seperti setelah mandi, untuk membantu kulit mempertahankan kelembaban. Kompres dingin juga bisa digunakan untuk meredakan gatal.

Perawatan lainnya termasuk antihistamin untuk mengurangi gatal parah, fototerapi (terapi dengan sinar ultraviolet yang diaplikasikan pada kulit), dan siklosporin obat untuk orang-orang yang kondisinya tidak merespons pengobatan lainnya.

Mungkinkah mencegah eksim?

Penggunaan pelembab krim atau salep yang bijaksana bisa menjadi pengobatan yang efektif bagi banyak orang dalam mencegah jenis eksim tertentu.

Tags : cara mengobati eksimeksim adalaheksim basaheksim keringpenyakit eksimpenyakit kulit eksimpenyebab eksim