close
Hidup HematKeuanganTips

Cara Murah dan Hemat Mempersiapkan Diri untuk Keadaan Darurat dan Bencana

persiapan bencana

Menurut pemerintah Amerika, setiap penduduk harus memiliki pasokan makanan untuk setidaknya tiga hari pada keadaan darurat. Di Indonesia pun, Anda semestinya melakukan hal yang sama. Keadaan darurat ini bisa berkaitan dengan apapun, tapi kemungkinan besar adalah bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, kebakaran, dll.

Dengan tips berikut, Anda bisa mempersiapkan diri menghadapi keadaan darurat ini dengan cara yang murah dan hemat. Cara ini tentu sangat diperlukan bagi Anda yang tinggal di daerah yang rawan. Berikut ini adalah kebutuhan dasar yang harus Anda persiapkan.

1. Air

Anda dapat bertahan beberapa minggu tanpa makan tapi hanya beberapa hari tanpa air. Jika Anda tidak memiliki pasokan air, menyiapkan air galon sangat disarankan. Pastikan air di tendon selalu terisi penuh, begitu juga di penampungan air lainnya.

2. Makanan

Anda bisa menyediakan pasokan makanan yang bisa dimasak cepat atau tak perlu dimasak sama sekali. Mungkin memang bukan kebiasaan penduduk kita untuk membeli makanan kalengan, tapi tak ada salahnya untuk membeli persediaan makanan kalengan, khususnya bagi Anda yang tinggal di daerah rawan.

Pastikan Anda membeli makanan yang Anda sukai. Jadi, Anda tidak terpaksa untuk memakan makanan yang mungkin tidak Anda sukai selama keadaan darurat. Untuk menjaga pasokan tetap aman, pastikan Anda mencatat tanggal kadaluarsanya.

3. Sanitasi

Pada keadaan darurat, mungkin pasokan air akan terbatas. Pastikan tendon selalu terisi penuh, bahkan untuk kebutuhan toilet.

4. Pertolongan pertama

Siapkan hand sanitizer atau tisu bayi sebagai alat mandi darurat. Di toko, juga bisa dibeli perban murah, alkohol, salep antibiotik, analgesik, antasida dan obat anti-diare.

5. Kehangatan

Jika Anda tinggal di daerah yang hangat, abaikan tip ini. Tapi jika Anda tinggal di daerah yang dingin, seperti pegunungan, pastikan Anda memiliki pakaian untuk layering, seperti celana wol, kaus, sweater dan kaus kaki hangat.

6. Penerangan

Pastikan Anda memiliki senter untuk satu ruangan. Headlamps bisa juga digunakan. Sediakan pasokan baterai agar penerangan bisa bertahan lama. Lilin sangat berbahaya. Jika Anda harus menggunakannya, pastikan Anda memasukkannya pada gelas dan letakkan di tempat yang aman.

7. Uang

Pada keadaan darurat, sistem bisa mati total. Anda tidak bisa mengambil uang melalui kartu debit atau kartu kredit. Pastikan Anda memiliki simpanan uang tunai.

8. Hiburan dan hadiah

Hiburan dan hadiah bisa menjadi pengalih perhatian, khususnya bagi anak-anak atau siapapun yang mungkin mengalami stres. Entah di rumah atau di tempat pengungsian, Anda mungkin bisa membawa kartu remi atau mainan apapun yang bisa dimainkan oleh segala usia.

Hadiah seperti coklat dan permen juga akan menjadi penghibur saat masa darurat. Dan makanan seperti ini pasti akan membuat Anda dan keluarga merasa nyaman dan masih bisa bahagia walau dalam keadaan darurat.

 

Sumber: www.getrichslowly.org

Tags : hidup hemat