close
menyimpan buah dan sayur

Anda ingin hidup sehat? Salah satu caranya tentu adalah dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur. Namun, jika harus ke pasar atau supermarket setiap hari untuk belanja sayur dan buah, tentu Anda bisa bosan. Nah, Anda bisa menyetok sayur dan buah. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana agar buah dan sayur yang disimpan bisa tetap segar? Berikut tipsnya!

Tips Agar Buah Yang Sudah Dipotong-Potong Tidak Berubah Warna Menjadi Coklat

Agar buah-buahan, seperti apel, pir, pisang dan buah persik, yang telah dipotong tidak berubah warna menjadi coklat, lapisi dengan perasan jeruk atau lemon. Cara lain adalah dengan mencampur potongan bersama dengan buah-buahan yang bersifat asam, seperti jeruk, jeruk keprok, jenis jeruk lainnya, atau nanas. Pertama, siapkan buah yang asam lalu potong buah-buahan lain dan campurkan. Anda juga disarankan untuk memotong buah mendekati waktu penghidangan. Tutupi dan masukkan kulkas hingga waktu penghidangan tiba.

Tips Penyimpanan Khusus Lobak

Buang daun lobak masih menempel sebelum penyimpanan. Simpan lobak yang belum dicuci ke dalam plastik berlubang dan masukkan dalam laci kulkas yang terpisah dengan penyimpanan buah. Cuci lobak dan bersihkan akarnya ketika akan digunakan.

Cuci Buah Dan Sayur Dengan Benar

Sayur dan buah harus dipersiapkan dengan cara berikut ini:

– Cuci buah dan sayuran. Beberapa produk kemasan berisi potongan sayur biasanya telah dicuci dan hal tersebut biasanya disebutkan dalam kemasan. Jika demikian, Anda tak perlu melakukan pencucian lagi ketika akan digunakan.
– Sebagai upaya hati-hati, Anda harus selalu mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi. Bahkan jika Anda ingin memakan buah dengan mengupasnya, Anda harus tetap mencucinya terlebih dahulu.
– Pastikan tangan Anda bersih. Cuci tangan Anda selama 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan setelah menyiapkan produk segar.
– Iris atau buang bagian yang rusak atau memar pada buah-buahan dan sayuran segar sebelum digunakan atau dikonsumsi. Buah atau sayur yang terlihat busuk harus dibuang.
– Mencuci buah dan sayuran dengan sabun atau deterjen atau menggunakan produk pencuci komersial tidak dianjurkan.
– Gosok buah berkulit keras, seperti melon atau timun, dengan menggunakan sikat lembut yang bersih.
– Pengeringan produk dengan handuk kain atau tisu bersih dapat mengurangi bakteri yang mungkin ada.

Pisahkan Sayur dan Buah dari Hal Berikut ini!

Pisahkan sayur dan buah yang akan dimakan mentah dari:

– daging segar
– daging ternak
– seafood
– peralatan yang digunakan untuk produk tersebut, kecuali telah dibersihkan dengan air panas dan sabun.

Cara Penyimpanan Buah dan Sayur di Kulkas

Simpan buah di laci kulkas yang terpisah dari penyimpanan sayur. Buah mengeluarkan etilen gas yang dapat memperpendek umur penyimpanan sayuran. Beberapa sayuran mengeluarkan bau yang dapat diserap oleh buah-buahan dan mempengaruhi kualitasnya.

Selain itu, Anda disarankan menyimpan buah dan sayur dalam kantong plastik berlubang untuk menjaga kelembaban sekaligus menyediakan aliran udara. Kantong plastik yang tidak dilubangi apat menyebabkan pertumbuhan jamur atau bakteri. Dan jika Anda tak punya plastik seperti ini, Anda bisa membuatnya sendiri dengan melubangi plastik makanan menggunakan benda tajam seperti gunting.

Dan yang perlu Anda tahu, selain dimakan, buah dan sayur itu bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan juga.

 

Sumber: food.unl.edu

Tags : buahdapurhuniankulkassayuran