close
menjamu tamu luar kota

Tamu luar kota yang datang berkunjung memang harus disambut dan itu bisa sangat membengkakkan anggaran. Jika Anda sedang menghemat atau memang tidak punya anggaran besar untuk itu, Anda bisa menjamu tamu luar kota tersebut dengan hangat tapi tetap murah dan hemat. Berikut tipsnya.

1. Coba sesuatu yang gratis

Ada banyak hal gratis yang ditawarkan di sekitar Anda. Misalnya saja, tur naik bus gratis keliling kota. Namun, sebelum Anda mengajak tamu luar kota Anda, pahami dulu prosedur-prosedurnya dan ikuti tur tersebut terlebih dahulu.

2. Ajak ke acara-acara lokal

Misalnya, ada acara seni atau acara musik di sekitar rumah Anda. Ini bisa jadi cara menarik untuk mengajak tamu luar kota Anda. Atau kadang, sering kan ada bazar dadakan warga? Boleh juga tuh mebawa tamu luar kota ke sana. Perayaan tahunan juga biasanya murah, seperti peringatan kemerdekaan atau Hari Pahlawan, atau ulang tahun kota misalnya.

3. Pikirkan mengenai logistik

Bahkan kegiatan gratis bisa menambah biaya. Anda mungkin perlu untuk membayar parkir atau memutuskan Anda ingin meninggalkan sumbangan. Untuk beberapa kegiatan, misalnya ikut acara Car Free Day, belum tentu tamu Anda membawa baju dan sepatu yang sesuai. Untuk ikut sepeda bersama, Anda mungkin juga perlu mempersiapkan sepeda rental dan helm juga. Persiapkan mengenai hal-hal seperti ini.

4. Keliling kota

Keliling kota biasanya sudah sangat menyenangkan buat tamu luar kota. Anda bisa melakukan ini jika Anda memiliki kendaraan pribadi, karena jika naik taksi tentu biaya malah akan membengkak. Yang harus Anda persiapkan adalah biaya bensin dan parkir. Jangan terlalu jauh; cukup kunjungi landmark kota Anda saja.

5. Pesta di rumah

Tak ada yang lebih murah daripada di rumah Anda sendiri. Anda bisa membuat acara nonton dengan koleksi DVD Anda atau nonton acara televise favorit. Anda bisa juga mengadakan karaoke kecil-kecilan dengan peralatan sederhana. Siapkan beberapa makanan ringan yang murah. Tamu pasti sudah akan sangat terjamu.

 

Sumber: add-vodka.com

Tags : hidup hemat