close
menghubungkan laptop dan tv

Menghubungkan laptop ke TV sebenarnya sangat mudah: yang Anda butuhkan adalah kabel yang tepat, hardware streaming, dan Anda akan bisa menonton dari laptop pada televisi Anda kapanpun. Ada beberapa cara untuk menghubungkan TV ke laptop, misalnya dengan HDMI, VGA, nirkabel, atau cara lainnya.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara menghubungkan tv dan latop dengan menggunakan kabel HDMI.

Kabel HDMI

Untuk menghubungkan laptop ke TV, Anda perlu melihat port apa yang tersedia baik di tv maupun laptop Anda. Cara termudah untuk menghubungkan keduanya adalah dengan kabel HDMI. Kecuali laptop Anda benar-benar tua atau tipe yang sangat murah, biasanya akan dilengkapi dengan port HDMI. Hampir semua TV yang dibuat 6 tahun terakhir atau lebih sudah dilengkapi dengan port HDMI.

Bagaimana menghubungkan laptop ke TV menggunakan HDMI?

Menghubungkan laptop ke TV melalui kabel HDMI adalah cara terbaik dan termudah, karena kabel tersebut harganya murah dan bisa menghasilkan suara dan gambar HD kualitas terbaik. Dan hanya dibutuhkan satu kabel karena HDMI bisa untuk video dan audio.

Untuk menghubungkan laptop ke TV menggunakan kabel HDMI, yang Anda butuhkan adalah mencolokkan kabel ke laptop Anda dan ujung lainnya dari kabel HDMI tersebut ke TV. Jika Anda menggunakan versi up-to-date dari Windows, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan laptop Anda sudah dinyalakan, dan TV Anda sudah diatur ke saluran HDMI yang benar, laptop secara otomatis mengkonfigurasi untuk memberikan pengaturan terbaik dari sini.

Jika untuk beberapa alasan tidak terjadi pemilihan setting secara otomatis, Anda hanya perlu pergi ke Control Panel> Settings> Adjust Resolution—dari sini Anda akan melihat dua kotak drop down. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengalihkan drop down Display untuk memastikan bahwa TV Anda telah dipilih, berikutnya Anda perlu memastikan bahwa drop down Resolution sesuai dengan pengaturan yang benar untuk TV Anda.

Secara ringkas, langkah-langkahnya adalah seperti berikut ini:

1. Nyalakan laptop dan TV Anda
2. Pasang ujung kabel HDMI pada TV dan laptop (urutannya bebas)
3. Pilih input HDMI yang benar di TV Anda (biasanya dengan menekan tombol AV)
4. Jika laptop Anda tidak secara otomatis memberikan output TV, pergi ke Control Panel > Display > Adjust Resolution dan pilih TV pada kotak drop down Display.

 

Sumber: www.pcadvisor.co.uk

Tags : gadgetlaptoptv