close
menghilangkan komedo

Komedo bisa menjadi malapetaka bagi siapapun. Tak hanya di wajah dan hidung, komedo bisa muncul hampir di semua bagian tubuh, seperti punggung dan dada. Banyak obat-obatan dan produk perawatan menawarkan solusi menghilangkan komedo. Namun, sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan komedo secara alami, khususnya di bagian hidung, yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Masker wajah dari putih telur

Salah satu cara alami menghilangkan komedo yang bisa Anda terapkan adalah masker wajah yang dibuat dari putih telur. Caranya, pertama-tama Anda perlu memisahkan putih telur dari bagian kuningnya (jangan buang bagian kuningnya karena bisa digunakan sebagai masker rambut). Kemudian, campurkan kuning telur tersebut dengan madu, yang memiliki khasiat anti-bakteri.

Oleskan masker di wajah Anda, dan hindari bagian mulut serta mata. Biarkan mengering selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat untuk mempermudah melunturkan masker dan akhiri dengan membilas wajah dengan air dingin untuk menutup pori. Lebih baik lagi, Anda menguapi wajah Anda dengan air hangat sebelu menggunakan masker, agar pori-pori terbuka.

2. Masker wajah dari teh hijau

Teh hijau dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bagus dijadikan sebagai tips menghilangkan komedo secara alami. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan gula jawa dan isi dari satu kantong teh hijau. Tambahkan sedikit gula putih untuk meningkatkan kemampuan scrubbing. Beri sedikit air dan aduk hingga membentuk pasta. Setelah itu, gosokkan campuran ini di hidung atau seluruh wajah Anda dan biarkan hingga 15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan langkah ini sekali seminggu.

3. Masker wajah dari baking soda

Selain untuk membuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami karena baking soda dipercaya memiliki kemampuan melarutkan lemak dan mengelupas kulit dengan lembut sehingga minyak dan kulit mati bisa tersapu bersih. Cukup campurkan baking soda dan air dalam mangkuk kecil untuk membuat pasta. Ratakan campuran di wajah Anda dan diamkan selama 2-3 menit sebelum dibilas. Untuk menghindarkan iritasi dan dehidrasi, pastikan Anda mengoleskan pelembab setelah menggunakan masker ini.

4. Masker wajah dari kayu manis dan madu

Kelebihan sebum pada kulit bisa diatasi dengan kayu manis dan kotoran yang menyumbat pori bisa dispu bersih dengan madu. Cara membuat masker ini cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan madu mentah dan satu sendok teh kayu manis. Ratakan campuran ini di wajah Anda, diamkan 15 menit, lalu bilas.

Jika kulit Anda termasuk kulit sensitif, hindari menggunakan cara ini karena kayu manis bisa menimbulkan efek kemerahan pada wajah. Jika saat menggunakan masker Anda merasakan sensasi terbakar, segera bilas dengan air. Agar aman dan terhindar dari hal tak diinginkan, tes dulu masker pada bagian dalam lengan Anda sebelum mencobanya di wajah Anda.

 

Sumber: www.blogher.com

Komentar

komentar

Tags : kecantikankomedotips kecantikanwajah