close
google location

Jika Anda menggunakan aplikasi Maps untuk menemukan jalan di sekitar Anda atau Anda check in di suatu lokasi di Facebook untuk memberi tahu teman-teman Anda sedang apa Anda sekarang, pelacakan lokasi memang sangat berguna. Namun, aplikasi dan layanan seperti ini bisa terus melacak Anda tanpa Anda ketahui, dan ini tentu bisa melanggar privasi Anda. Dan bahkan selain itu, pelacakan terus-menerus ini akan menguras baterai Anda. Jika Anda tidak ingin Google atau servis lainnya melacak Anda, berikut ini adalah tips untuk menonaktifkan pelacakan lokasi pada perangkat Anda ketika Anda tidak membutuhkannya.

Menghentikan Pelacakan Lokasi pada Google

Anda mungkin tidak tahu, tapi Google terus melacak riwayat lokasi Anda kecuali Anda menonaktifkannya sendiri. Google menggunakan data dari penggunaan Google Maps. Cara menonaktifkan pelacakan ini adalah sebagai berikut:

– Buka Google settings

– Klik tombol Pause di kotak “Places you’ve been” di sebelah kanan. Untuk menghapus entri dari riwayat lokasi, klik Manage history

– Anda dapat memilih tanggal dari kalender di sebelah kiri > klik Delete all history from this day

– Jika Anda tidak ingin ada riwayat lokasi Anda yang dilacak, klik saja Delete all history

Menghentikan Pelacakan Lokasi pada Android

Mematikan pengaturan lokasi di ponsel Android Anda sangatlah mudah tapi dapat mempengaruhi beberapa layanan atau aplikasi yang bermanfaat. Google Now misalnya mengandalkan data lokasi untuk memberikan Anda informasi yang Anda butuhkan bahkan tanpa Anda berusaha mencarinya. Jika Anda masih merasa bahwa Anda lebih suka keberadaan Anda tak terlacak, berikut langkah-langkahnya:

– Buka Settings > gulir ke bawah ke Location > Google Location Settings

– Sekarang tekan Location reporting > Off

– Back, tekan Location history > Off

– Anda juga bisa menekan “Delete location history” di bawahnya

 

Sumber: gadgets.ndtv.com

Tags : androidaplikasigooglegoogle locationweb