close
mempercepat browser chrome

Salah satu web browser yang paling dicintai oleh masyarakat, termasuk Anda mungkin, adalah Google Chrome. Namun, walaupun banyak update fitur dan perbaikan bug, kadang Google Chrome masih saja lemot. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Google Chrome tidak lemot dan bisa memiliki kecepatan ekstra.

1. Nonaktifkan ekstensi yang bisa dihindari

Ekstensi adalah alat yang memperluas fungsionalitas dari browser Chrome, yang membantu namun kadang bisa juga kurang bermanfaat. Ekstensi biasanya berjalan di background. Untuk meningkatkan kecepatan browser, Anda bisa menonaktifkan ekstensi yang tidak benar-benar Anda butuhkan dengan cara sebagai berikut:

– Ketik ‘chrome://extensions’ di location bar Chrome. Atau, Anda bisa pergi ke Options > More tools > Extensions.
– Hilangkan centang pada Enabled untuk ekstensi yang ingin dinonaktifkan atau klik ikon Trash untuk menghapus ekstensi

2. Nonaktifkan plugin yang tidak perlu

Plugin hampir seperti ekstensi, yang berfungsi menambah fungsionalitas browser. Untuk menonaktifkan plugin yang tidak perlu, caranya adalah sebagai berikut:

– Ketik ‘chrome://plugins’ pada address bar Chrome
– Klik Disable untuk menonaktifkan plugin yang tidak Anda butuhkan lagi

3. Hapus aplikasi web yang sudah tidak dibutuhkan

Google Chrome bukan hanya sekedar web browser, tapi juga merupakan platform aplikasi untuk aplikasi web. Chrome bisa menjalankan aplikasi web yang diinstal secara lokal, yang ditulis menggunakan HTML5, CSS, dan JavaScript. Cara menghapus aplikasi web yang sudah tak dibutuhkan adalah sebagai berikut:

– Ketik ‘chrome://apps’ di address bar Chrome atau klik Apps pada Bookmarks bar
– Klik kanan pada aplikasi yang ingin Anda hapus, pilih Remove from Chrome dan klik tombol Remove untuk mengkonfirmasi penghapusan

4. Mengaktifkan prefetch resources

Google Chrome dilengkapi dengan banyak fitur cerdas seperti network prediction, spelling correction, resource preloader, etc. Resource pre-fetcher atau preloader memberikan saran cerdas tentang halaman atau link yang akan sering dibuka nantinya oleh pengguna, yang memuat halaman-halaman / link di background sebelum Anda benar-benar membukanya. Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur prefetch di browser Chrome:

– Pergi ke Options > Settings > Show advanced settings
– Centang pilihan ‘Prefetch resources to load pages more quickly’

5. Mengaktifkan Experimental Canvas Features

Experimental Canvas Features memungkinkan Chrome untuk menggunakan kanvas buram untuk memperkuat waktu loading dan meningkatkan kinerja. Cara mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut:

– Pergi ke ‘chrome://flags/#enable-experimental-canvas-features’
– Klik tombol Enable dan Relaunch Now

Tips selanjutnya bisa dibaca di bagian II.

 

Sumber: www.hongkiat.com

Tags : aplikasibrowserbrowsinggooglegoogle chromeinternetweb