close
lensa kontak

Lensa kontak adalah alternatif bagi mereka yang harus menggunakan kacamata. Namun, sebelum Anda membeli lensa kontak, pastikan Anda membaca cara memilih lensa kontak berikut ini agar Anda bisa menemukan lensa kontak sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Jenis-Jenis Lensa Kontak

Langkah pertama adalah memilih antara lensa keras (hard) dan lunak (soft). Kebanyakan orang yang memakai lensa kontak memakai lensa lunak (soft lens). Setelah itu, Anda harus mempertimbangkan beberapa kategori lensa yang tersedia di pasaran.

1. Lensa kontak untuk pemakaian sehari-hari

Lensa kontak ini biasanya cukup murah. Lensa kontak harian ini perlu dicopot dan dibersihkan setiap malam dan diganti menurut jadwal yang telah ditetapkan. Waktu penggantian dapat bervariasi menurut jenis dan merek, dari setiap dua minggu hingga setiap tiga bulan sekali.

2. Lensa kontak untuk pemakaian yang lebih lama

Jenis lensa kontak ini dirancang untuk dipakai semalaman, meskipun lensa ini harus dilepas setidaknya sekali seminggu untuk pembersihan dan desinfeksi. Namun, banyak ahli tidak merekomendasikan penggunakan lensa kontak jenis ini karena memakai lensa kontak saat tidur membuat mata rentan terkena infeksi.

3. Lensa kontak sekali pakai

Lensa kontak sekali pakai harus dibuang setiap selesai digunakan sehingga Anda tidak perlu melakukan langkah pemeliharaan. Biayanya lebih mahal karena Anda perlu membeli lensa kontak baru setiap harinya. Tetapi lensa jenis ini jauh lebih nyaman dipakai. Lensa kontak sekali pakai adalah alternatif bagi mereka yang alergi atau kondisi kesehatan mata lainnya.

4. Lensa kontak toric

Jenis lensa ini digunakan untuk memperbaiki astigmatisme, suatu kondisi di mana penglihatan menjadi kabur karena bentuk kornea atau lensa mata yang tidak teratur. Lensa kontak jenis ini biasanya lebih mahal daripada lensa kontak lainnya.

5. Lensa kontak berwarna

Lensa kontak berwarna bisa mengubah warna mata Anda secara dramatis atau bisa juga meningkatkan warna alami mata Anda. Selain untuk tujuan kosmetik, lensa ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki penglihatan.

6. Lensa kontak multifocal

Orang dengan presbiopia biasanya bisa dibantu dengan penggunaan lensa bifokal dan multifokal.

 

Tips Memilih Lensa Mata yang Aman untuk Kesehatan Anda

Ketika membeli lensa kontak, pastikan Anda mengikuti tips di bawah ini:

1. Jangan membeli lensa kontak dengan kotak yang sudah rusak. Pastikan paket yang Anda beli tersegel dengan benar.

2. Jika membeli lensa kontak online, pastikan Anda membeli dari website yang terpercaya. Ketika menerima pesanan Anda, pastikan Anda mencocokkan terlebih dahulu dengan resep dari dokter.

3. Pastikan untuk menggunakan resep terbaru dari dokter mata Anda; resep hanya bisa digunakan hingga satu tahun dari tanggal penulisan.

Bahkan jika Anda tidak perlu memperbaiki penglihatan Anda, jangan membeli lensa kontak kosmetik tanpa konsultasi ke profesional perawatan mata. Lensa kontak teatrikal yang digunakan untuk Halloween atau acara-acara lainnya banyak dijual di Internet, salon kecantikan, dan bahkan toko-toko, dan penggunaannya tetap harus dengan konsultasi dari profesional kesehatan mata, untuk menghindarkan infeksi mata dan masalah lainnya.

 

Sumber: www.everydayhealth.com

Tags : lensa kontakmata