close
membuka tutup botol

Seringkali kita bisa membuka tutup botol dengan sangat mudah, tanpa kesulitan apapun. Sedikit tekanan, diputar, dan terdengar suara krak yang artinya segel telah terbuka. Namun, kadang proses ini jauh lebih sulit daripada yang kita bayangkan. Bahkan tutup botol yang sudah pernah dibuka pun masih pernah mengalami kasus ini. Hmm, bagaimana cara mengatasinya ya?

Cobalah trik membuka botol berikut ini:

1. Pisau mentega

Ambil pisau mentega dan gunakan untuk memberi sedikit pukulan bagian atas tutupnya; putar botol secara bertahap ketika Anda melakukannya. Cara ini akan membantu Anda membuka segel sehingga tutup bisa dibuka dengan mudah. Gunakan bagian pisau yang tidak tajam atau bagian pegangan untuk memukulnya. Ingat, pukulan tidak perlu terlalu keras tapi jangan terlalu ringan juga.

2. Sarung tangan karet

Bungkus tangan Anda dengan sarung tangan karet sehingga pegangan tangan Anda pada botol bisa menjadi lebih kuat untuk memutar dan membuka botol.

3. Serbet atau handuk basah

Lembabkan serbet atau handuk dan gunakan untuk mencengkeram tutup botol dan memutarnya. Cara ini juga akan memberikan Anda kekuatan ekstra pada pegangan tanga Anda.

4. Air panas

Coba buka segel dengan mencelupkan botol di air panas dengan posisi terbalik air bisa mencapai bagian bawah tutup. Mengetuk-ketuk tutup dengan pisau mentega juga akan mempermudah proses ini. Biarkan botol berada dalam air hingga satu menit sebelum Anda mencoba untuk membukanya lagi.

5. Karet gelang

Anda membutuhkan karet gelang yang agak lebar untuk dikaitkan mengelilingi tutup botol. Pegang tutup yang terlilit karet lalu putar. Jika masih tidak bisa, coba ambil karet gelang yang lebih lebar dan putarkan mengelilingi bagian tubuh botol sehingga cengkeraman Anda akan lebih kuat lagi nantinya.

6. Pukulan tangan

Coba buka segel dengan memukulkan bagian tepi telapak tangan Anda pada bagian bawah botol. Lakukan hal ini beberapa kali. Anda juga bisa mengetuk-ketukkan bagian bawah botol di meja dapur (tutupi dengan handuk agar permukaan meja tidak rusak). Lakukan dengan kekuatan yang pas agar Anda bisa membuka segel tanpa memecahkan botol.

Jika botol telah dibuka sebelumnya dan segel kedap-udara dari pabrik bukanlah masalahnya, mungkin ada lelehan saus atau sirup telah mengeras di bagian bawah tutup dan sekitar tepi kaca. Untuk mengatasi ini, rendam botol dalam air panas untuk membantu melunakkan lelehan saus atau sirup. Untuk mencegah hal ini terjadi di masa depan, Anda bisa mengelap bibir botol dengan kain basah setiap kali selesai menuang isi botol.

Ketika di dapur, mungkin Anda juga ingin tahu cara lain memanfaatkan aluminium foil. Klik di sini untuk info selengkapnya.

 

Sumber: tipnut.com

Tags : botoldapurhunian