close
menghemat pengeluaran bulanan

Pasti menyenangkan sekali rasanya melihat tabungan Anda semakin banyak. Jika Anda mempunyai cita-cita nominal tertentu, tentu Anda harus berusaha mewujudkannya. Jika Anda belum mendapatkan aliran pendapatan lain, cara lain adalah melakukan penghematan lebih. Dan menghemat tidak harus dengan cara yang sulit.

Berikut ini adalah tips penghematan bulanan yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Makanan

Membuat makan malam sendiri akan lebih hemat daripada makan di luar. Makan di luar biasanya membutuhkan biaya lebih mahal dan karenanya harus dianggap sebagai ‘traktiran’ daripada suatu bagian dari kebutuhan pokok. Bayangkan berapa uang yang Anda habiskan untuk pizza yang Anda pesan tiap bulannya?

Anda bisa membuat pizza sendiri sebenarnya. Resepnya banyak tersedia di internet. Selain pizza, masih banyak resep makanan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Pilihlah yang mudah terlebih dahulu dan pelan-pelan Anda bisa menguasai semuanya.

Membawa makan siang dari rumah juga akan menghemat biaya dengan jumlah yang signifikan. Anda bisa membuat makan siang Anda sendiri—alih-alih beli—dan ini akan jauh lebih hemat lagi.

Juga pertimbangkan membeli dalam jumlah besar. Membeli dalam jumlah besar dan melakukan rotasi sebelum barang menjadi rusak adalah cara terbaik, khsusunya untuk keluarga besar dan lebih efisien karena semua sudah tersedia tanpa Anda harus keluar rumah dan keluar biaya lagi untuk bensin. Anda juga dapat bergabung dengan teman-teman dan tetangga untuk membeli dalam jumlah besar.

Transportasi

Bagi banyak rumah tangga, biaya yang berhubungan dengan transportasi merupakan salah satu pengeluaran bulanan terbesar setelah rumah dan makanan. Memotong biaya ini bisa dengan mengurangi jumlah mobil dari banyak menjadi satu dan mengganti kendaraan dengan sepeda atau angkutan umum untuk beberapa perjalanan.

Jika Anda mengkonversi kendaraan dari penggunaan pribadi untuk penggunaan komersial parsial—mengangkut barang-barang pada akhir pekan, misalnya—Anda bisa menghasilkan uang tambahan.

Selain baik untuk dompet, mengubah kebiasaan transportasi Anda juga baik untuk lingkungan. Penggunaan kendaraan memperbanyak jumlah karbon yang Anda gunakan. Beralih ke sepeda atau berjalan untuk beberapa perjalanan Anda dapat mengurangi jumlah energi yang Anda konsumsi secara keseluruhan, yang akan membantu lingkungan, dan tentu saja baik untuk kesehatan Anda.

Asuransi

Biaya asuransi dapat menambahkan jumlah yang besar pada pengeluaran bulanan Anda. Jika Anda ingin memilih asuransi apapun, pastikan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ingat, asuransi yang tampak bagus untuk satu orang, belum tentu bagus untuk yang lainnya. Tak hanya asuransi jiwa atau pendidikan, hal ini juga berlaku untuk mobil Anda.

Belanja Lain-Lain

Sebelum menghabiskan uang untuk mengganti barang-barang, tanyakan pada diri Anda apakah benda tersebut memang diperlukan. Apakah Anda bisa hidup tanpa barang itu? Jika tidak, pilihlah yang harganya murah.

Dan sebelum memutuskan bahwa Anda akan membeli semuanya secara online karena lebih murah, perhatikan biaya yang tersembunyi, seperti biaya pengiriman atau godaan penggunaan kartu kredit secara berlebih.

Jika Anda perlu menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan Anda, pastikan mengeluarkan apa yang bisa Anda bayar. Jangan sampai Anda harus membayar biaya minimum nantinya karena bunganya sangat besar.

 

Sumber: www.nerdwallet.com

Tags : hidup hematperencanaan