close
branding entrepreneur

Branding kini bukan hanya sebuah kebutuhan tambahan, tetapi telah menjadi suatu prioritas utama dalam pemasaran bisnis. Alasannya, pelanggan mencari lebih dari sekedar produk. Mereka mencari sebuah merek yang memiliki suatu kepribadian. Itulah mengapa, sangat penting bagi setiap entrepreneur untuk mem-branding diri mereka sendiri.

Para entrepreneur bersaing untuk menggunakan sumber daya dan mendapatkan peluang yang memungkinkan mereka untuk menceritakan kisah mereka dan membangun reputasi mereka. Jika Anda seorang entrepreneur yang tidak aktif mem-branding diri Anda, sudah pasti pelanggan juga tidak akan mem-branding Anda, yang pada akhirnya akan merusak citra Anda serta valuasi perusahaan.

Berikut ini adalah cara yang perlu Anda lakukan untuk membranding diri Anda sendiri.

1. Cari persamaan dan kuasailah hal tersebut

Akan sangat baik jika Anda mampu menemukan persamaan antara Anda dan perusahaan Anda. Ketika Anda telah menemukan hal tersebut, Anda bisa mulai secara proaktif menyelaraskan dua hal tersebut di depan para pelanggan sehingga tercipta suatu hubungan yang kuat di antara keduanya. Anda akan terlihat menguasai hal tersebut.

Setiap produk atau jasa pasti memiliki impresi yang terkait, antara lain kejujuran, efektivitas dan fokus terhadap pelanggan, yang kesemuanya sangat penting bagi pelanggan. Identifikasikan karakteristik tersebut dan masukkan ke dalam identitas Anda.

2. Jadilah ahli

Anda perlu memastikan bahwa Andalah yang memimpin dan para pesaing hanya bisa mengikuti Anda. Jika Anda bisa melakukannya, Anda akan tampil sebagai innovator terpercaya dan seorang pemimpin yang memiliki pemikiran, sehingga membuat Anda lebih berpengaruh. Hal ini akan memproyeksikan Anda sebagai seseorang yang bisa mengidentifikasi dan mengisi kesenjangan di pasar yang lebih baik daripada orang lain. Pelanggan Anda akan merasa bahwa Anda cukup peduli untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang sebelumnya tak terpenuhi.

3. Networking yang lebih baik

Networking dengan orang yang tepat akan menempatkan Anda di posisi yang tepat untuk mendapatkan pelanggan potensial. Sangat penting bahwa Anda untuk memikirkan strategi networking yang efektif bagi diri Anda. Dan terlepas dari strategi tersebut, ingatlah hukum timbal balik: Ketika Anda terhubung dengan orang-orang dan bertukar pikiran dan informasi tanpa khawatir apakah Anda akan dibayar atau tidak, kebaikan akan berbalik kepada Anda berkali-kali lipat.

4. Gunakan media sosial

Penggunaan media sosial sangatlah mudah, cepat, dan menarik. Selain itu, kebanyakan pelanggan Anda pasti juga menggunakan media sosial. Jadi, Anda juga harus menggunakannya. Dan Anda harus selalu berperilaku baik ketika ber-media sosial karena jika tidak tentu Anda malah akan menjauhkan pelanggan. Dan ingat, pisahkan media sosial untuk pribadi dan branding bisnis.

5. Jadilah komunikator yang baik

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik tidak hanya akan membuat Anda tampil sebagai pemimpin yang baik, tapi juga akan membuat Anda tampil menonjol. Perhatikan apa yang Anda katakan, mencobalah untuk berlatih menulis, perhatikan tata bahasa dan ejaan Anda.

Perbaiki kemampuan presentasi Anda karena hal ini sangat penting bagi setiap entrepreneur. Jika Anda bisa mempresentasikan dengan baik, Anda dan perusahaan Anda akan dianggap lebih baik juga.
Selain itu, Anda juga harus bisa tampil lebih nyaman dalam penggunaan video. Entah itu video online, video perusahaan, video produk, atau video untuk kebutuhan training perusahaan, interview, atau dukungan pelanggan. Anda harus mahir menggunakan mode komunikasi sebaik mungkin.

6. Jadilah diri sendiri

Apa pun yang Anda lakukan, jangan mencoba menjadi orang lain. Kebohongan Anda mungkin akan dideteksi oleh pesaing Anda, dan akan mempermalukan Anda. Cara terbaik adalah tetap konsisten dan menjadi diri sendiri, terlepas dengan siapa Anda sedang berhadapan.

 

Sumber: www.entrepreneur.com

Tags : brandingstrategi bisnis