close
CaraGadgetPCTeknologi

Cara Berbagi Koneksi Internet dengan Menggunakan Kabel Ethernet

internet dengan ethernet

Saat ini, banyak tempat umum yang menyediakan fasilitas modern, salah satunya adalah koneksi internet. Namun, ada juga beberapa tempat yang menyediakan internet melalui kabel Ethernet. Artinya, Anda tak bisa mengkoneksikan perangkat dengan internet! Tapi jangan khawatir. Anda bisa mengubah koneksi kabel tersebut ke koneksi wifi. Dan Anda bahkan bisa menyambungkan dengan kabel Ethernet dan terkoneksi dengan network. Berikut ini adalah cara berbagi koneksi internet dengan menggunakan kabel Ethernet.

Menggunakan Laptop sebagai Konektor

Tidak semua orang yang bepergian membawa router wifi mereka. Tapi kebanyakan selalu membawa laptop, bukan? Nah, Anda bisa mengatur koneksi nirkabel dengan menggunakan laptop ini, menjadikan perangkat tersebut sebagai hotspot wifi yang bisa terkoneksi ke perangkat lain.

Caranya mudah. Cukup sambungkan kabel Ethernet ke laptop dan sisi lainnya ke port Ethernet yang tersedia. Jika Anda yakin laptop Anda memiliki port Ethernet khusus, Anda bisa membawa kabel Ethernet kemanapun Anda pergi untuk jaga-jaga.

Masalahnya adalah tidak semua laptop modern dilengkapi dengan port Ethernet. Misalnya saja pada Mac atau Windows ultrabooks. Tapi jangan khawatir. Anda masih bisa menggunakan adapter Ethernet yang memungkinkan laptop Anda untuk terkoneksi dengan kabel Ethernet. Adapter tersedia bermacam-macam, salah satunya adalah berbentuk USB.

Menggunakan Router WiFi

Salah satu cara untuk mengatasi koneksi internet yang menggunakan kabel Ethernet adalah dengan menggunakan router WiFi. Tak peduli apakah router Anda baru ataupun jadul, semua bisa digunakan.
Caranya, cukup sambungkan kabel power ke router WiFi lalu sambungkan port internet atau WAN ke jack Ethernet yang tersedia. Nah, sekarang router bisa memberikan sinyal WiFi untuk semua perangkat Anda.

Menciptakan Hotspot WiFi

Dengan laptop sebagai hotspot WiFi, laptop akan bertindak sebagai koneksi host lokal nirkabel dan kemudian berbagi dengan perangkat lain. Ada beberapa metode untuk perangkat yang berbeda. Untuk Windows 7, misalnya, Anda dapat menggunakan alat grafis jika Anda ingin membuat jaringan nirkabel baru. Jika Anda menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1, Anda akan perlu Command Prompt karena Anda tidak akan dapat melihat pilihan yang tersembunyi. Ketika Anda melihat pilihan “Allow other network users to connect through this computer Internet connection”, aktifkan segera. Jika tidak, hotspot nirkabel Anda akan sia-sia karena tidak dapat berbagi koneksi.

Jika Anda menggunakan Mac, Anda harus memilih Menu, lalu System Preferences, dan klik Sharing. Pilih opsi untuk Internet Sharing, dan atur agar bisa membagi koneksi dari Ethernet. Cukup aktifkan opsi sharing dari WiFi, klik pada pilihan WiFi, dan sediakan passphrase dan nama network. Jangan lupa untuk mengaktifkan pilihan ‘Internet Sharing’.

Setelah koneksi internet tersambung ke semua perangkat Anda, tentu Anda ingin segera browsing dan surfing kan? Mau tau cara browsing dan surfing layaknya hacker? Klik di sini.

 

Sumber: howtotech.org

Tags : gadgetinternetpc