close
lensa kacamata

Kacamata saat ini adalah aksesoris fashion, bahkan jika kacamata tersebut dipakai untuk tujuan kesehatan sekalipun. Ketika teknologi semakin maju, lensa kacamata juga semakin maju. Pada jaman dulu, lensa kacamata hanya dibuat dari kaca. Saat ini, kebanyakan kacamata terbuat dari plastik berteknologi tinggi.

Berikut ini adalah beberapa pilihan lensa kacamata yang bisa Anda pilih agar tetap stylish.

1. Lensa polikarbonat

Lensa polikarbonat tahan terhadap berbagai dampak dari luar, dan merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang secara teratur berpartisipasi dalam olahraga, bekerja di lingkungan di mana kacamata mereka dapat dengan mudah tergores atau rusak, dan untuk anak-anak yang mungkin mudah jatuh atau suka menggaruk kacamatanya. Lensa polikarbonat juga memberikan perlindungan ultraviolet.

2. Lensa Trivex

Lensa Trivex terbuat dari plastik yang lebih baru dengan karakteristik serupa lensa polikarbonat. Lensa ini ringan, tipis, dan tahan terhadap berbagai dampak dari luar, serta dapat memberikan koreksi penglihatan yang lebih baik daripada lensa polikarbonat untuk sebagian orang.

3. Lensa plastik indeks tinggi

Lensa ini dirancang untuk orang yang membutuhkan resep kuat. Lensa ini lebih ringan dan lebih tipis dari lensa standar.

4. Lensa aspheric

Lensa aspheric tidak seperti lensa pada umumnya, yang berbentuk bulat. Lensa aspheric terdiri dari berbeda derajat kelengkungan di permukaannya, yang memungkinkan lensa menjadi lebih tipis dan datar dari lensa lainnya. Hal ini juga memungkinkan lensa memiliki porsi yang lebih besar daripada lensa standar.

5. Lensa Photochromic

Lensa Photochromic terbuat dari kaca atau plastik. Lensa ini berubah dari cerah ke gelap saat terkena cahaya matahari. Lensa ini membuat Anda tidak perlu memakai lensa resep. Lensa kacamata ini tidak akan berubah gelap saat di dalam mobil karena kaca depan bisa memblokir sinar ultraviolet dari matahari.

6. Kacamata terpolarisasi (polarized)

Cahaya yang dipantulkan dari air atau permukaan datar dapat menyebabkan silau yang tidak diinginkan. Lensa terpolarisasi mengurangi silau dan berguna untuk olahraga dan mengemudi. Lensa ini dapat menyebabkan layar kristal cair pada dashboard mobil menjadi tak terlihat.

Jenis masalah visi yang Anda miliki menentukan bentuk lensa kacamata yang bisa Anda gunakan. Sebagai contoh, lensa yang cekung digunakan untuk memperbaiki rabun dekat, sedangkan lensa yang cembung digunakan untuk memperbaiki rabun jauh. Untuk memperbaiki mata silinder, yang disebabkan oleh distorsi dalam bentuk kornea, yang sering digunakan adalah lensa berbentuk silinder. Sederhananya, lensa kacamata adalah alat yang Anda gunakan untuk memfokuskan cahaya ke retina Anda dengan tepat.

 

Sumber: www.webmd.com

Tags : kacamatalensa kacamatamata