close
BisnisInfoKepemimpinan

Apakah Wanita Harus Bersikap Seperti Pria untuk Bisa Berhasil?

apakah perempuan harus seperti pria

Haruskah seorang wanita berperilaku seperti seorang pria untuk bisa berhasil? Pertanyaan inilah yang dilontarkan dalam sebuah studi baru oleh tiga universitas. Mereka bertanya kepada 105 pria mengenai pendapat mereka mengenai wanita yang lebih cerdas daripada mereka. Peneliti menemukan fakta bahwa pria mengagumi wanita yang cerdas, tapi tidak mau berkencan dengannya karena mereka merasa terintimidasi.

Lantas, bagaimana wanita harus bersikap. Berikut ini adalah tips Tanja Rueckert, seorang eksekutif teknologi wanita di bidang yang didominasi pria.

1. Jadilah diri sendiri

Prinsip yang paling penting adalah: Jadilah diri sendiri. Jangan mencoba untuk memainkan peran, dan jangan mencoba untuk menjadi seseorang yang bukan diri Anda. Berpura-pura menjadi orang lain tidak berkelanjutan dan tidak akan membantu Anda menang dalam jangka panjang.

2. Berhenti meminta maaf untuk pilihan yang Anda buat

Kadang-kadang kita semua merasa perlu untuk meminta maaf karena harus menghadiri acara keluarga yang berlangsung selama hari kerja. Misalnya, Anda ingin mengambil waktu untuk bisa bersama anak Anda di acara besarnya, seperti hari pertama masuk TK, dan karena acara tersebut Anda mungkin tidak bisa melakukan pertemuan dengan bos Anda. Kemudian, Anda memilih untuk libur setengah hari untuk hadir di acara anak Anda dan segera bekerja keras untuk mengganti jam yang hilang. Tidak, Anda harus berhenti melakukannya. Kita seharusnya tidak merasa berkewajiban untuk meminta maaf karena mengambil cuti untuk acara keluarga yang penting. Anda harus tahu makna dari keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan.

3. Empati dan respek dalah sifat penting bagi semua pemimpin

Untuk seorang manajer, kemampuan untuk memahami dan berempati terhadap staf akan sangat bermanfaat dalam membuat staf merasa terlibat dan produktif. Untuk alasan ini, empati tidak boleh dipandang sebagai kelemahan, baik pada eksekutif pria maupun wanita. Wanita yang menetralisir perasaan mereka sehingga mereka bisa lebih ‘maskulin’ justru akan merugi karena hal ini justru akan menyia-nyiakan bakat alami yang mereka miliki.

4. Dorong wanita lain untuk menjadi diri mereka sendiri

Wanita cenderung lebih berhasil ketika mereka membiarkan diri mereka yang sebenarnya muncul, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Dan ketika Anda berhasil dengan itu, kini saatnya untuk memunculkan wanita-wanita berhasil lainnya seperti Anda. Ya, Anda mempunyai kewajiban untuk mendorong wanita lain agar berani menjadi diri sendiri.

 

Sumber: www.entrepreneur.com

Tags : kepemimpinan