close
rokok dan impotensi

Impotensi, atau disfungsi ereksi, dapat disebabkan oleh berbagai faktor fisik dan psikologis. Diantaranya adalah merokok. Hal ini tidaklah mengejutkan mengingat bahwa merokok bisa merusak pembuluh darah Anda, dan impotensi disebabkan oleh sedikitnya pasokan darah arteri ke penis. Kabar baiknya, jika Anda berhenti merokok, kesehatan pembuluh darah Anda bisa meningkat, yang artinya kesehatan dan performa seksual Anda juga akan membaik. Jadi, berhentilah merokok, dan masalah seksual satu ini bisa disembuhkan.

 

Dampak Merokok Terhadap Pembuluh Darah

Anda mungkin sering mendengar mengenai risiko kesehatan yang ditimbulkan dari merokok. Hal itu karena merokok dapat merusak hampir setiap bagian dari tubuh Anda. Bahan kimia dalam asap rokok melukai lapisan pembuluh darah dan mempengaruhi cara kerjanya. Bahan kimia rokok juga bisa membahayakan jantung, otak, ginjal, dan berbagai jaringan lain di seluruh tubuh Anda.

Berkaitan dengan pengaruh rokok terhadap kesehatan ereksi, itu adalah karena efek bahan kimia rokok pada pembuluh darah di penis. Ereksi bisa terjadi ketika arteri di penis mengembang dan mengisi darah setelah menerima sinyal dari saraf di penis. Saraf-saraf merespon sinyal gairah seksual dari otak Bahkan jika sistem saraf beroperasi pada kekuatan penuh, ereksi bisa saja tidak terjadi secara fisik apabila pembuluh darah tidak sehat akibat merokok.

 

Fakta tentang Impotensi

Walaupun impotensi normal terjadi pada usia senja, impotensi juga bisa menyerang pada usia muda. Sebuah studi tahun 2005 yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa jumlah impotensi pada pria perokok lebih besar daripada pada pria yang tidak merokok. Dan pada penderita impotensi yang masih berusia muda, rata-rata penyebabnya adalah merokok.

Jika Anda seorang perokok berat, penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan terkena impotensi akan semakin tinggi. Namun, jika Anda berhenti merokok gejala impotensi bisa perlahan disembuhkan. Jadi, Anda harus tahu bahwa usia Anda, tingkat keparahan impotensi, Anda sebelum berhenti merokok, dan masalah kesehatan utama lainnya dapat mengurangi sejauh mana fungsi ereksi Anda bisa kembali.

Impotensi memang merupakan hal yang canggung untuk dibicarakan bersama pasangan atau penyedia layanan kesehatan. Namun, semakin cepat Anda menangani masalah ini, semakin cepat Anda akan menemukan solusi. Ada baiknya Anda membuat janji temu dengan urolog atau spesialis kesehatan pria. Impotensi adalah masalah kesehatan yang sangat umum, sehingga Anda tidak perlu merasa malu. Namun, Anda harus maklum bahwa salah satu hal yang harus Anda lakukan segera adalah berhenti merokok.

 

Sumber: www.healthline.com

Tags : masalah seksualmerokokreproduksi pria