close
kesulitan membayar tagihan

Beberapa orang mengalami kesulitan untuk membayar tagihan berdasarkan dengan pendapatan mereka saat ini. Pengeluaran bulanan tentu akan sangat melelahkan pikiran, apalagi jika Anda terlilit hutang. Lebih parah lagi jika ada biaya-biaya tersembunyi yang akan Anda terima ketika menggunakan prepaid debt card. Situasi seperti ini membutuhkan penanganan sesegera mungkin.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami kesulitan membayar tagihan Anda setiap bulannya:

1. Kurangi Pengeluaran

Pertama, Anda harus mencari cara untuk mengurangi pengeluaran Anda. Biasanya akan ada paling tidak satu jenis pengeluaran yang bisa Anda hapus atau hemat. Misalnya Anda tinggal di apartemen sendirian, mungkin Anda perlu mencari teman sekamar untuk berbagi. Anggaran untuk makanan juga bisa dikurangi. Hal-hal kecil ini bisa membantu Anda mengurangi pengeluaran bulanan. Anda bisa menahan diri untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan seperti baju, liburan, atau makan-makan. Hindarilah pembelanjaan yang mengharuskan Anda untuk mencicil secara bulanan karena hal ini justru akan menambah pengeluaran bulanan Anda. Selain itu, Anda juga harus menghentikan penggunaan kartu kredit karena itu hanya akan membuat semuanya menjadi lebih buruk.

2. Cari Penghasilan Tambahan

Kedua Anda perlu mencari sumber penghasilan tambahan atau mungkin pekerjaan baru. Mungkin saja Anda mengambil beberapa pekerjaan paruh waktu tambahan. Atau mungkin juga menambah jam kerja di kantor. Cara lain adalah dengan menjual beberapa barang Anda untuk membantu melunasi tagihan. Pekerjaan tambahan tersebut mungkin saja hanya diperlukan sampai Anda berhasil melunasi semua tagihan tersebut. Cara paling efektif sebenarnya adalah meminta tambahan jam kerja di tempat Anda kerja sekarang dan mendapatkan uang ekstra dari situ.

3. Cari Solusi Jangka Panjang

Ketiga, Anda perlu mencari solusi jangka panjang. Mungkin saja ini berarti bahwa Anda butuh pendidikan lebih lanjut seperti S2 atau mengambil sertifikasi tertentu yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Namun, mungkin saja Anda malah butuh perubahan karir secara keseluruhan. Jika Anda tidak kuliah, mengambil sertifikasi tertentu tentu akan sangat berpengaruh terhadap gaji Anda. Anda tentu ingin mendapatkan pendidikan tapi yang di sisi lain hal tersebut mampu memperbaiki keuangan Anda. Jika Anda berada di posisi entry level dan merasa bahwa gaji Anda tidak cukup, Anda harus memikirkan cara agar Anda bisa mendapat kenaikan gaji. Jika gaji Anda sudah besar tapi Anda masih saja kesulitan membayar tagihan bulanan, yang Anda harus lakukan adalah menghemat pengeluaran seperti pada cara nomor 2.

4. Bekerja Sama dengan Kreditor Anda

Keempat, hubungi kreditor Anda dan lihat apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pengurangan pembayaran atau keringanan-keringan lain. Pinjaman sekolah menawarkan beberapa jenis keringanan jika Anda bisa membuktikan bahwa Anda memang mengalami kesulitan ekonomi. Perusahaan kartu kredit dapat mengurangi tingkat suku bunga sementara, atau mengurangi jumlah utang setiap bulan, meskipun mungkin Anda diharuskan untuk tidak menggunakan kartu kredit terlebih dahulu.

5. Ingatlah Prioritas Anda

Kelima, sangat penting bagi Anda untuk memenuhi semua kebutuhan dasar Anda sebelum membayar tagihan-tagihan Anda. Kebutuhan dasar ini meliputi sandang, pangan, dan papan. Setelah itu terpenuhi, Anda bisa mulai membayar tagihan, kemudian baru memikirkan untuk bersenang-senang. Penataan prioritas ini sangat penting bagi Anda jika ingin bertahan untuk bulan-bulan ke depan. Dengan memperhatikan prioritas ini, Anda akan terhindar dari kehabisan uang saat tanggal tua. Anggaran dan prioritas ini akan membantu Anda mengelola arus kas Anda dengan lebih efektif. Hal ini dapat membantu Anda menangani tagihan yang berfluktuasi. Anda juga dapat menggunakan strategi ini untuk menghindarkan diri dari kebangkrutan.

 

Sumber: moneyfor20s.about.com

Komentar

komentar

Tags : perencanaan