close
BisnisKomunikasiTips

Anda Harusnya Tak Melakukan 7 Hal Ini Saat Menulis CV Anda

hal yang tak boleh ditulis di cv

Ketika Anda menulis CV, akan lebih baik jika Anda menghindari melakukan ketujuh hal di bawah ini.

1. Menuliskan sejarah hidup Anda

Banyak pelamar ingin menyajikan CV yang komprehensif dan mencakup segala macam informasi yang tidak relevan. Perekrut tak akan menyukai ini. Solusinya adalah dengan memasukkan informasi tentang pengalaman dan keterampilan yang berkaitan erat dengan pekerjaan yang Anda cari.

2. Anda membuat surat lamaran yang berantakan

Perekrut pasti akan malas membaca CV Anda yang tidak menunjukkan informasi secara jelas. Sebutkan nama Anda, posisi sekarang dan pengalaman yang relevan. Pastikan Anda memasukkan tanggal Anda mulai kerja dan tanggal keluar. Gunakan poin-poin untuk menyebutkan tanggung jawab dan prestasi utama Anda.

3. Anda menuliskan data pribadi yang tidak relevan

Kita anggap saja bahwa kegiatan olahraga dan keagamaan tidak berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda memasukkannya di CV Anda, maka akan terdengar berlebihan. Jika tidak ditanyakan, lebih baik juga tidak menyertakan informasi pernikahan dan beberapa informasi pribadi lainnya.

4. Anda memasukkan keahlian yang dimiliki oleh setiap orang

Ketika Anda sebagai pelamar kerja menyebutkan bahwa Anda mahir dengan Microsoft Office dan Excel versi terbaru, perekrut tidak akan terkesan. Ketrampilan ini sudah dianggap biasa. Jika Anda hanya mahir di ketrampilan umum, lebih baik tidak usah disebutkan.

5. Anda menulis menggunakan format dan font yang tidak baku

CV yang ingin dibaca oleh para manajer adalah yang menggunakan format dan font baku. Buatlah CV sesederhana dan seringkas mungkin.

6. Anda menyebutkan rincian tugas Anda

Manajer sama sekali tak ingin mengetahui tugas-tugas harian Anda. Mereka hanya berasumsi Anda bisa melakukannya. Sebaliknya, fokus pada hasil yang Anda capai, bagaimana Anda meningkatkan pendapatan, memotong biaya atau bagaimana Anda memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas.

7. Anda menggunakan Word Header

Banyak pelamar ingin membuat kesan yang baik dengan menggunakan Header dari Microsoft Word. Hal ini memang terlihat keren. Tapi yang tak Anda pahami adalah beberapa perangkat lunak pemindaian tidak dapat membaca header ini, jadi bisa jadi CV Anda menjadi CV anonim. Pada dasarnya menggunakan metode konvensional untuk menuliskan nama dan informasi penting lainnya di bagian atas CV Anda adalah cara yang terbaik.

Nantinya, setelah Anda diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar, akan ada pasang surut yang Anda alami. Ada titik dimana Anda sangat tak bahagia berada di kantor. Tips berikut pasti akan membuat Anda merasa lebih bahagia di tempat kerja Anda.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : karirkomunikasi