close
alasan menabung

Jika Anda hidup hemat dan banyak menabung, Anda bisa menyisihkan uang untuk beberapa hal yang memang penting. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang mengharuskan Anda berhemat dan rajin menabung.

1. Hutang

Sebelum Anda mulai menabung untuk masa depan, Anda harus membayar untuk masa lalu Anda. Jadi, jika Anda mempunyai hutang kredit, utamakan tabungan Anda untuk melunasinya terlebih dahulu.

2. Hal-hal yang sifatnya darurat

Banyak hal yang terjadi di luar kuasa kita yang bisa berdampak pada keuangan kita, antara lain tagihan medis, bencana alam, kehilangan pekerjaan, dll. Anda harus siap untuk hal-hal terburuk. Jadi, sisihkan uang Anda hingga sebanyak 3-6 bulan pengeluaran sebagai tabungan jaga-jaga apabila hal darurat menimpa kita.

3. Pensiun

Mungkin waktu pensiun Anda memang masih lama tapi jika Anda ingin uang Anda nantinya bisa bekerja untuk Anda, Anda harus mulai menabung dari sekarang. Anda bisa membeli aset atau hal lain untuk menciptakan pendapatan pasif (untuk tips membuat anggaran pensiun, klik di sini).

4. Perbaikan

Perbaikan rumah dan mobil bisa memberatkan anggaran Anda. Namun, Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang terjadi di masa depan dengan mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Anda bisa melihat apa yang akan rusak dan memperbaikinya sekarang daripada nanti ketika sudah terlanjur rusak. Selain itu, Anda juga harus memeriksa setiap tagihan untuk mengetahui seberapa banyak tagihan yang harus Anda bayar setiap tahunnya.

5. Biaya tahunan

Jangan biarkan biaya tahunan atau 6-bulanan ini mengacaukan anggaran Anda. Hitung berapa besar biaya tahunan Anda, kemudian bagi 12. Nah, Anda bisa mulai menabung dari awal bulan untuk bisa memenuhi biaya tahunan ini.

6. Liburan

Menabung bukan hanya untuk membayar tagihan dan hidup juga bukan hanya untuk bekerja. Sisihkan waktu pada awal tahun untuk merencanakan liburan. Kemudian, mulai sisihkan uang Anda ke dalam tabungan khusus liburan.

7. Mimpi-mimpi

Nah, sekarang waktunya mewujudkan mimpi juga. Anda ingin menyekolahkan anak Anda di sekolah terbaik? Anda ingin merenovasi rumah? Anda bisa mewujudkan semuanya jika Anda mau berhemat dan rajin menabung. Tentukan berapa banyak yang Anda butuhkan untuk mewujudkan mimpi tersebut.

 

Sumber: frugalliving.about.com

Tags : hidup hematperencanaan