close
penyakit_ambeien

Wasir (penyakit ambeien) adalah rumpun pembesaran (pembesaran) pembuluh darah di anus dan rektum bawah. Rektum adalah area terakhir dari usus besar sebelum keluar ke anus. Anus adalah akhir dari saluran pencernaan dimana kotoran meninggalkan tubuh.

Kadang ambeien membengkak saat pembuluh darah membesar dan dindingnya membesar, tipis, dan jengkel karena buang air besar. Ambeien dikelompokkan menjadi dua kategori umum:

  • Internal, berasal dari rektum, dan
  • Eksternal, berasal dari anus.

Ambeien telah menyebabkan rasa sakit dan iritasi sepanjang sejarah manusia. Jika Anda menderita sakit wasir (penyakit ambeien), Anda tidak sendiri. Diperkirakan tiga dari setiap empat orang akan menderita wasir pada suatu saat dalam kehidupan mereka.

 

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Ambeien?

Beberapa orang mungkin lebih mungkin untuk menderita penyakit ambeien jika anggota keluarga lainnya, seperti orang tua mereka, memilikinya.

Penumpukan tekanan di rektum bawah Anda dapat mempengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah di sana membengkak. Itu bisa terjadi dari berat ekstra, saat Anda sedang obesitas atau hamil. Atau bisa juga dari:

  • Mendorong saat buang air besar
  • Saring saat Anda melakukan sesuatu yang secara fisik sulit, seperti mengangkat sesuatu yang berat
  • Orang yang berdiri atau duduk untuk waktu yang lama juga berisiko lebih besar.

Anda mungkin mendapatkannya saat mengalami sembelit atau diare yang tidak jelas. Batuk, bersin, dan muntah bisa membuat mereka memburuk.

 

Komplikasi

Komplikasi wasir sangat jarang terjadi tapi meliputi:

Anemia

Jarang, kehilangan darah kronis dari wasir dapat menyebabkan anemia, di mana Anda tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup untuk membawa oksigen ke sel Anda.

 

Terberatnya ambeien.

Jika suplai darah ke wasir internal terputus, wasir mungkin “tersumbat,” penyebab lain rasa sakit yang luar biasa.

 

Pencegahan

Cara terbaik untuk mencegah wasir adalah dengan menjaga agar tinja Anda tetap lembut, sehingga mudah dilewati. Untuk mencegah wasir dan mengurangi gejala wasir, ikuti tips berikut ini:

 

Makan makanan berserat tinggi

Makan lebih banyak buah, sayuran dan biji-bijian. Melakukan hal itu melembutkan tinja dan meningkatkan curahnya, yang akan membantu Anda menghindari ketegangan yang bisa menyebabkan wasir. Tambahkan serat ke makanan Anda secara perlahan untuk menghindari masalah dengan gas.

 

Minum banyak cairan

Minumlah enam sampai delapan gelas air dan cairan lainnya (bukan alkohol) setiap hari untuk membantu menjaga agar tinja tetap lembut.

 

Pertimbangkan suplemen serat

Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup jumlah serat yang disarankan – 25 gram sehari untuk wanita dan 38 gram sehari untuk pria – dalam makanan mereka.

Jika Anda menggunakan suplemen serat, pastikan minum setidaknya delapan gelas air atau cairan lainnya setiap hari. Jika tidak, suplemen bisa menyebabkan sembelit atau membuat sembelit lebih buruk.

Jangan sigap

Saring dan menahan napas saat mencoba melewati tinja menciptakan tekanan yang lebih besar pada pembuluh darah di rektum bawah.

Pergilah segera setelah Anda merasakan dorongannya. Jika Anda menunggu untuk melewati buang air besar dan dorongannya hilang, tinja Anda bisa menjadi kering dan sulit dilewati.

 

Olahraga

Tetap aktif membantu mencegah konstipasi dan mengurangi tekanan pada vena, yang bisa terjadi dengan lama berdiri atau duduk. Olahraga juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan berlebih yang mungkin berkontribusi pada wasir Anda.

 

Hindari lama duduk

Duduk terlalu lama, terutama di toilet, bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

Tags : cara mengatasi ambeiencara mengobati ambeiencara menyembuhkan ambeienciri ciri ambeiengejala ambeienpenyakit ambeienpenyebab ambeien