close
renovasi dapur

Merenovasi dapur Anda bisa menjadi suatu proyek besar dengan banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Dengan menghindari kesalahan renovasi dapur berikut ini, bisa dipastikan Anda akan bisa memiliki dapur impian Anda.

1. Tidak memikirkan hal-hal kecil

Jangan menyepelekan fitur-fitur penyimpanan kecil, seperti sekat untuk laci atau solusi penyimpanan lain seperti lemari dengan banyak laci penyimpanan yang bisa ditarik keluar (pantry pullouts) atau meja putar. Solusi penyimpanan ini akan meningkatkan efisiensi penyimpanan dapur Anda, dan akan jadi lebih mahal jika Anda tidak mengerjakannya sekalian saat renovasi.

2. Tidak memikirkan mengenai arus kerja Anda

Ketika merencanakan merombak dapur Anda, ingat mengenai daerah tersibuk di dapur Anda, Pastikan daerah-daerah dan peralatan berada di lokasi yang efisien yang relevan satu sama lain.

3. Mengorbankan ruang pada meja dapur

Ruang pada meja dapur adalah salah satu elemen yang paling penting dari dapur Anda, jadi jangan sampai mengorbankannya. Anda bisa memperpanjang ruang meja Anda dengan menambahkan rak pendukung tambahan.

4. Melakukannya sendiri

Walaupun Anda termasuk orang yang suka DIY, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli desain dapur sebelum memulai proyek Anda. Seorang profesional akan dapat membantu menyempurnakan rencana perombakan Anda, menawarkan tips dan saran, dan mungkin bahkan merekomendasikan beberapa ide yang belum Anda pertimbangkan.

5. Melupakan ruangan yang lain

Ketika Anda merenovasi dapur, pastikan Anda melindungi permukaan dan ruangan lain dari bahan material baru untuk dapur Anda, tetesan cat, atau puing-puing renovasi.

6. Tidak memperhitungkan anggaran

Membuat anggaran merupakan bagian penting dari renovasi dapur Anda. Ketika memilih fitur dapur, pastikan Anda menyesuaikan dengan anggaran Anda. Perlu diingat bahwa lemari dapur biasanya mengambil sepertiga dari keseluruhan anggaran.

7. Tidak berpikir bahwa renovasi akan meningkatkan nilai jual rumah

Biaya perombakan dapur memang signifikan, tapi renovasi itu bisa bertahan bertahun-tahun dan dapat meningkatkan nilai keseluruhan rumah Anda. Oleh karena itu, pertimbangkan keluarga Anda dan gaya hidup Anda dan rencanakan renovasi dapur berdasarkan hal-hal tersebut agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari ruang Anda.

8. Mengabaikan gambaran keseluruhan

Ketika Anda berencana merenovasi dapur, ingat untuk mempertimbangkan setiap elemen: termasuk warna dinding, lantai, hardware, dll—agar semuanya bisa terikat dalam keselarasan.

9. Tidak bersenang-senang

Backsplash atau lapisan dinding di belakang bak cuci atau kompor adalah salah satu titik fokus utama dapur Anda. Coba bahan yang tak terduga namun elegan seperti lapisan kuarsa untu memberi sensai lain pada dapur Anda. Anda juga bisa bermain dengan warna. Menggunakan berbagai nuansa nada yang sama dapat menambahkan semangat pada dapur Anda.

 

Sumber: www.marthastewart.com

Tags : dapurhunianrenovasi