close
menghafal dengan cepat

Banyak yang membuat bahan guyonan, bahwa apa yang kita pelajari di sekolah hanyalah suatu seni menghafal. Memang tidak sepenuhnya salah. Namun, menghafal sebenarnya juga memiliki banyak fungsi, misalnya ketika Anda menghafal doa, belajar bahasa asing, menghafal notasi, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin tau cara menghafal dengan cepat, Anda harus membaca artikel di bawah ini hingga tuntas.

1. Persiapan

Untuk mengoptimalkan sesi menghafal Anda, Anda harus memilih lingkungan yang pas. Bagi kebanyakan orang, area yang tepat adalah area yang bebas gangguan, walaupun mungkin sebagian bisa menghafal di tempat umum. Cari tau kondisi seperti apa yang paling kondusif untuk Anda. Setelah itu, minum satu gelas teh hijau, yang berfungsi sebagai katalis alami untuk meningkatkan memori.

2. Rekam apa yang Anda hafalkan

Gunakan tape recorder untuk melacak semua fakta (atau Anda juga bisa menghafalkan segala sesuatu di depan tape recorder). Setelah itu, dengarkan rekaman tersebut. Menurut penelitian, dengan mendengar, kita akan lebih mudah menghafal dan mengingat suatu hal.

3. Tuliskan semuanya

Sebelum Anda mulai mencoba untuk mengingat segala sesuatu dari memori, tulis dan tulis ulang semua memori. Sangat disarankan menulis dengan tangan karena manfaatnya akan lebih besar. Menulis akan membuat Anda semakin akrab dengan apa yang ingin Anda hafalkan. Jika Anda melakukannya semabri mendengarkan rekaman, akan semakin banyak data yang bisa Anda ingat.

4. Bagi catatan Anda menjadi beberapa bagian

Khususnya bagi pelajar, Anda bisa membagi catatan menjadi beberapa bagian, misalnya dengan memberi warna menggunakan spidol. Cara ini akan membantu penggolongan informasi di otak Anda.

5. Terapkan pengulangan untuk hafalan kumulatif

Untuk setiap baris teks, ulangi beberapa kali dan cobalah untuk mengingatnya tanpa melihat. Ketika Anda menghafal setiap kelompok teks, lakukan secara kumulatif dengan menambahkan informasi baru pada apa yang sudah Anda hafalkan tersebut. Ini mencegah memori jangka pendek Anda memudar. Terus lakukan hingga Anda bisa menghafal keseluruhan bagian an Anda dapat mengingat seluruhnya.

6. Tulis ulang dari ingatan

Ketika Anda sudah dapat mengingat seluruh bagian, tulis semuanya dari memori Anda. Ini akan memperkuat segala sesuatu yang baru Anda pelajari.

7. Ajarkan pada orang lain (atau diri sendiri)

Metode yang paling efektif untuk menghafal dengan cepat adalah dengan mengajarkan informasi kepada orang lain. Anda dapat melakukan ini dalam berbagai cara. Anda bisa menjelaskan pada teman-teman Anda. Anda bisa memberi kuliah untuk suatu hal tertentu. Anda bisa menjadi guru les pada suatu bahasa. Atau masih banyak cara lainnya.

8. Dengarkan rekaman secara terus menerus

Saat melakukan tugas yang tidak berhubungan seperti mencuci baju mengemudi, Anda bisa sembari mendengarkan rekaman rekaman Anda. Ini akan memperkuat memori jangka pendek Anda.

9. Istirahat

Pada akhirnya, biarkan pikiran Anda bernapas. Luangkan waktu sebentar tanpa berpikir tentang apa yang baru saja Anda pelajari dan kembali lagi nanti. Hal ini akan membantu Anda berfokus pada bagian yang Anda rasa masih belum Anda kuasai.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : komunikasi