close
jack ma

Dibutuhkan banyak orang untuk mengumpulkan uang sebesar USD 20 M. Dan itu bisa dilakukan oleh satu orang bernama Jack Ma, sang pendiri dan CEO Alibaba. Alibaba adalah salah satu website e-commerce terbesar di dunia, dan Jack Ma termasuk dalah satu orang terkaya di dunia. Bagaimana dia bisa sesukses ini? Berikut ini adalah beberapa tips sukses dari Jack Ma.

1. Dia menghargai sikap

Ketika Jack Ma berbicara tentang kesalahan terbesar yang pernah dia lakukan, die mangatakan bahwa ketika ia mendirikan Alibaba, dia mengatakan kepada timnya bahwa tingkat tertinggi yang bisa mereka capaiadalah manajer, dan seorang eksekutif harus disewa dari luar. Ma telah jera dan sekarang lebih menekankan pentingnya sikap dan semangat daripada ketrampilan teoretis.

2. Dia menyatukan orang di bawah satu tujuan bersama

Ma memahami bahwa tidak peduli seberapa keras Anda mencoba Anda tidak akan pernah bisa meyakinkan setiap karyawan, mitra bisnis, dan investor potensial untuk mempercayai Anda atau percaya apa yang Anda katakan. Menerima hal tersebut dan mengubah pendekatan Anda adalah kunci terbesar di sini. Alih-alih menyatukan perusahaan di bawah visi satu orang, ia menyatukan mereka di bawah tujuan bersama. Visi lebih penting daripada pemimpin.

3. Dia memiliki tinjauan ke masa depan

Jack Ma percaya bahwa seorang pemimpin yang baik harus memiliki pandangan jauh ke depan. Dia harus mencoba untuk tetap selangkah lebih maju dari kompetisi dan mengantisipasi bagaimana setiap keputusan akan berpengaruh kepada setiap orang. Meluangkan waktu untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan mengikuti intuisi yang teruji adalah cirri pemimpin besar.

4. Dia menggaji orang-orang dengan ketrampilan unggul

Ketika ditanya apa yang membedakan pemimpin dari karyawan, Ma menjawab bahwa karyawan harus memiliki keterampilan teknis yang lebih unggul daripada Anda. Jika dia tidak demikian, berarti Anda telah mempekerjakan orang yang salah. Fokuslah pada keterampilan karyawan dan pekerjakan orang yang memiliki pengetahuan untuk mencapai visi Anda.

5. Dia ulet

Ma mengatakan bahwa pemimpin harus ulet dan memiliki visi yang jelas. Mengetahui apa yang ingin Anda capai dan memiliki dorongan untuk mengejarnya akan menempatkan Anda pada jalan menuju sukses dan itu akan menginspirasi orang-orang di sekitar Anda untuk bekerja keras dalam mencapai tujuan bersama.

6. Dia menggambarkan kegagalan dengan menyerah

Menurut Ma, “menyerah adalah kegagalan terbesar”. Lalukanlah yang terbaik dan gagal untuk mencapai tujuan Anda, tapi lihatlah hingga akhir sampai hal tersebut berhasil. Seperti semua pemimpin besar, Ma mengakui bahwa seseorang dapat belajar banyak dari hambatan dan kesulitan. Kunci keberhasilan mereka adalah menjadi gigih dan mau belajar dari kesalahan.

7. Dia mencintai hidup

Ma selalu mencoba untuk menikmati dan mencintai hidup. Menurutnya, jika orang menghabiskan seluruh hidupnya untuk bekerja, mereka akna menyesal. Ma berpendapat bahwa hidup adalah menikmati pengalaman di dunia dan untuk membantu orang lain. Jika uang adalah tujuan Anda, Anda harus mengubah pola pikir Anda.

8. Dia tidak membuat musuh

Salah satu aspek yang paling unik dari filosofi bisnis Jack Ma adalah ide kompetisi ramah. Ma tidak melihat pesaing sebagai musuh, tapi sebagai teman tempat dia dapat belajar. Pesaing bisa menantangnya untuk mencapai potensi penuh.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : alibabaentrepreneurjack makisah sukses