close
BisnisKomunikasiTips

8 Tips Bahasa Tubuh yang Akan Mengantarkan Anda pada Kesuksesan

bahasa tubuh

Bahasa tubuh kita sangat mempengaruhi kesan yang kita berikan pada orang lain. Postur tertentu bisa membuat Anda terlihat malas, sementara postur lainnya membuat Anda tampak bersemangat. Berikut ini adalah tips bahasa tubuh yang akan meningkatkan kesuksesan Anda.

1. Kuasai cara jabat tangan yang sempurna

Dengan jabat tangan yang sempurna, Anda bisa menciptakan kesan yang baik. Jabat tangan yang sempurna adalah yang tegas dan percaya diri, tapi tegas yang membuat nyaman, bukan meremas jari-jari dengan terlalu keras. Hindari jabat tangan yang lemas seperti ikan. Menurut penelitian, orang akan lebih mengingat Anda jika Anda berjabat tangan dengan mereka.

2. Lakukan kontak mata, mengangguk sesekali, dan condong ke depan

Hal ini menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan peduli tentang apa yang mereka katakan. Lakukan kontak mata ketika Anda bertemu dengan orang lain, dan selama percakapan. Jika Anda hanya menatap, Anda akan dianggap agresif. Anda bisa mencondongkan tubuh ke depan untuk menunjukkan Anda terlibat dalam percakapan tersebut. Anggukkan kepala Anda untuk menunjukkan bahwa Anda mengerti apa yang dibicarakan.

3. Tunjukkan postur tubuh yang tepat

Jangan duduk dengan kaku, tapi duduk dengan postur tubuh yang tepat. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

4. Senyum perlahan

Tersenyumlah ketika orang lain tersenyum. Jangan menunjukkan senyum palsu yang konstan di wajah Anda selama keseluruhan acara atau pertemuan. Tapi tersenyum dan tertawalah dengan alami. Hal ini akan menunjukkan Anda terlibat dan membuat Anda tampak lebih hangat dan ramah.

5. Posisikan kaki dengan benar

Jika Anda mendekati dua orang yang tengah bercakap-cakap, amati kakinya. Jika kaki rekan Anda tetap berada di tempat dan hanya tubuh bagian atasnya saja yang memutar ke arah Anda, mereka tidak benar-benar ingin Anda bergabung. Tetapi jika kaki mereka terbuka dan bergerak, itu artinya Anda diundang masuk. Untuk itu, selalu perhatikan kaki Anda dan kaki lawan bicara Anda.

6. Tampilkan sensitivitas budaya

Pahami mengenai praktek budaya orang yang Anda temui. Kebiasaan bahasa tubuh yang normal dan diterima di suatu daerah mungkin dianggap kasar di daerah lain.

7. Jangan silangkan tangan dan kaki untuk memori yang lebih baik

Penelitian menunjukkan bahwa sekelompok orang yang mendengarkan ceramah dengan lengan dan kaki yang tidak disilangkan bisa mengingat 38% lebih baik daripada mereka yang menyilangkan kaki dan tangan. Pastikan Anda duduk dengan lengan dan kaki yang tak terlipat agar retensi lebih bagus. Dan jika Anda pembicara, dan lengan serta tangan audiens Anda disilangkan, istirahatlah dan buat mereka bergerak.

8. Hilangkah gerakan-gerakan gelisah

Ketika Anda bergoyang, menggeliat, dan menujukkan tanda gelisah lainnya, penonton mungkin berpikir Anda cemas atau berbohong.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : bahasa tubuhkomunikasi