close
masalah menstruasi

Apakah Anda termasuk orang yang mengalami banyak masalah saat menstruasi? Berikut ini adalah beberapa contoh masalah menstruasi yang sering dihadapi wanita dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Jerawat

Tingginya kadar progesteron sebelum menstruasi meningkatkan kelenjar minyak. Pada saat yang sama jumlah testosteron tetap stabil. Akhirnya mulai muncul jerawat di wajah Anda.

Cara mengatasinya: Gunakan pembersih yang lembut dan hindari scrub, toner, atau tisu yang kasar untuk mencegah hilangnya minyak wajah yang baik. Anda juga bisa membeli obat oles berdasarkan resep dokter.

2. Nyeri punggung bagian bawah

Ini mungkin saja nyeri menstruasi biasa. Karena uterus miring ke arah belakang, akhirnya rasa nyeri terasa pada bagian ini.

Cara mengatasinya: Lakukan cara kuno. Letakkan bantalan panas (atau Anda bisa mengisi botol dengan air hangat) dan meletakkan di bagian yang nyeri. Anda juga bisa melakukan yoga atau peregangan mingguan membantu mengurangi nyeri punggung (meskipun tidak secara langsung dengan menstruasi Anda).

3. Pertambahan berat badan

Jika berat badan Anda naik beberapa hari sebelum menstruasi, hal ini kemungkinan disebabkan oleh retensi air yang disebabkan oleh hormon.

Cara mengatasinya: Minuman berkafein bisa menjadi diuretik alami. Selain itu, Anda juga bisa melakukan yoga atau bersepeda karena akan membantu mengeluarkan keringat dan mengurangi berat badan akibat retensi air tersebut. Olahraga juga bisa membantu Anda menghadapi PMS pada umumnya.

4. Kelelahan

Hal ini sangat umum terjadi saat Anda menstruasi. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh penurunan kadar hormon sebelum dimulainya menstruasi.

Cara mengatasinya: Tidurlah yang cukup di malam hari, kurang lebih 7 hingga 8 jam. Ketika Anda bangun, meskipun Anda mungkin merasa malas, usahakan untuk memaksa diri Anda melakukan cardio sedang selama 30 menit. Cara ini akan memberikan Anda energi tambahan dan hormon endorfin juga yang akan membuat Anda ceria.

5. Sakit kepala dan migrain

Penurunan estrogen dapat mempengaruhi aktivitas neurotransmitter, yang membuat kepala Anda terasa berat dan pusing.

Cara mengatasinya: Anda mungkin bisa meminum obat atau ramuan alami untuk mengatasi sakit kepala Anda. Untuk migrain, Anda bisa mengkonsumsi magnesium oksida dan suplemen. Bila pusing dan migraine terlalu parah, segera kunjungi dokter.

6. Rasa ingin makan (ngemil)

Sebelum menstruasi, hormon stres kortisol naik dan hormon serotonin menurun, yang membuat Anda ingin makan makanan asin, manis, berkarbohidrat, dan berlemak.

Cara mengatasinya: Coba untuk memenuhi rasa ingin makan Anda melalui jalan tengah. Alih-alih makan ubi jalar goreng, Anda bisa makan ubi jalar bakar atau rebus. Jika ingin makan masakan China, padukan dengan brokoli dan beras merah.

7. Perubahan emosi

Ketika menstruasi sudah mulai, ada penurunan estrogen, yang memainkan peran besar dalam pengaturan suasana hati, yang bisa membuat emosi Anda berubah-ubah dengan cepat.

Cara mengatasinya: Anda bisa makan snack dari sayuran dan buah serta makanan yang mengandung protein untuk menghindari fluktuasi gula darah yang memperburuk mood Anda.

8. Masalah usus

Hormon yang sama yang menyebabkan rahim Anda berkontraksi juga menyebabkan organ sepanjang saluran pencernaan berkontraksi. Hasilnya, Anda mungkin mengalami berbagai masalah usus selama menstruasi, seperti kembung, sembelit, diare, dan mual.

Cara mengatasinya: Anda bisa meminum obat seperti ibuprofen atau naproxen hanya jika Anda terbiasa dengan obat tersebut. Atau, Anda bisa menghindari junk food yang asin yang akan memperburuk masalah usus Anda.

 

Sumber: www.womansday.com

Tags : menstruasireproduksi wanita