close
bersepeda untuk berhemat

Sepeda sekarang ini tampaknya sudah jarang menjadi pilihan alternatif untuk kendaraan. Sepeda hanya dipakai untuk kebutuhan olahraga atau rekreasi. Padahal, jika Anda mau menggunakan sepeda sebagai alternatif, Anda bisa melakukan banyak penghematan. Berikut ini adalah alasan mengapa bersepeda bisa membuat Anda menghemat banyak uang.

1. Anda tak butuh BBM

BBM adalah biaya utama untuk pengguna kendaraan bermotor. Bayangkan, berapa bensin yang harus Anda habiskan untuk menempuh jarak sekian kilo? Dengan sepeda, Anda tak perlu mengeluarkan biaya tersebut.

2. Mobil dan motor bisa lebih awet

Setiap km yang Anda tempuh, akan membuat ban dan rem Anda menjadi usang. Bahkan, hal tersebut juga memakan oli dan cairan wiper. Beberapa hal lain juga akan cepat rusak. Sepeda membutuhkan pemeliharaan juga, tetapi jauh lebih sedikit. Plus, Anda mungkin bisa belajar untuk melakukan sebagian besar pemeliharaan sendiri. Khususnya mobil, perbaikannya bisa sangat mahal.

3. Sepeda (relatif) lebih murah untuk dibeli dan dirawat

Anda bisa mendapatkan sepeda yang baik dengan beberapa juta rupiah saja. Anda mungkin juga akan butuh helm, bel, dan mungkin lampu untuk keselamatan. Namun, kecuali Anda sangat hobi dengan sepeda, Anda tak akan menghabiskan terlalu banyak uang. Kebanyakan orang bisa menaiki sepeda tanpa mengganti ban selama bertahun-tahun. Dan biasanya yang dibutuhkan hanyalah perawatan setahun sekali dan sedikit minyak untuk rantainya.

4. Anda tak perlu pergi ke pusat kebugaran

Biasanya biaya keanggotan di pusat kebugaran sangatlah mahal. Tapi jika Anda bersepeda setiap hari, Anda tak perlu lagi ke pusat kebugaran. Bersepeda adalah latihan cardio yang dapat membakar beberapa kalori. Dan, dengan mengkombinasikan transportasi dan olahraga, Anda bisa menghemat waktu juga kan?

5. Anda tak akan sering sakit lagi

Sebuah penelitian di Belanda yang dirilis pada tahun 2010 menemukan bahwa pengendara sepeda memiliki waktu sakit yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak bersepeda. Jika Anda tidak dibayar jika cuti sakit, berarti kan Anda bisa menyimpan uang tersebut?

6. Anda akan meningkatkan produktivitas Anda

Bersepeda bisa mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas. Jika Anda bersepeda ke kantor, otak Anda akan menjadi produktif selama seharian. Siapa tahu setelah itu Anda akan naik pangkat atau dapat promosi lain yang menarik?

7. Biasanya parkirnya gratis

Di beberapa tempat, sepeda tidak ditarik parkir. Atau kalaupun ditarik, ongkosnya lebih kecil daripada sepeda motor dan mobil. Bayangkan berapa uang yang bisa Anda hemat dari sini saja?

8. Anda akan menahan diri belanja berlebihan

Ketika bersepeda, Anda akan kesulitan membawa banyak hal. Jadi, misal Anda sedang ke minimarket, Anda hanya akan membeli apa yang kiranya sanggup Anda bawa. Dengan demikian, Anda bisa lebih hemat kan?

 

Sumber: www.wisebread.com

Tags : bersepedahidup hematolahraga