close
kesalahan perawatan rambut

Apakah Anda menginginkan rambut yang sehat dan berkilau? Jawabannya mungkin ya. Namun, kadang, kita masih sering melakukan kesalahan terhadap rambut kita. Dan beberapa kesalahan tersebut bisa merusak rambut Anda, jadi harus sangat diwaspadai.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan merawat rambut yang bisa merusak rambut Anda dan harus Anda hindari.

1. Tidak menyisir rambut sebelum keramas

Ini bisa menyebabkan kerusakan parah pada rambut Anda. Rambut paling lemah dalam keadaan basah, dan rambut basah lebih rentan terhadap kekusutan. Untuk mencegah kekusutan setelah keramas, pastikan Anda menyisir rambut sebelumnya. Jika Anda ingin menyisir di kamar mandi, oleskan conditioner, pisahkan helai-helainya dengan jari-jari Anda, kemudian gunakan sisir bergigi lebar sebelum dibilas.

2. Hanya menyisir ujung rambut

Menyisir terlalu sering memang bisa menyebabkan kerusakan rambut. Tapi ingat bahwa minyak alami kulit kepala Anda adalah kondisioner terbaik. Pijat kulit kepala Anda dengan sisir kayu untuk merangsang pertumbuhan dan sirkulasi rambut, dan sikat dari akar ke ujung untuk menambah kilau alami.

3. Terlalu sering keramas

Keramas setiap hari tidak memberikan banyak manfaat. Malah, keramas tiap hari bisa membuat Anda kehilangan minyak alami rambut Anda. Selain bisa menjadi tak berkilau, rambut juga susah panjang. Jadi hindari keramas terlalu sering karena ini merupakan kebiasaan yang bisa merusak rambut.

4. Memakai kondisioner secara serampangan

Banyak yang mengatakan bahwa memberi kondisioner pada kulit kepala bisa menyebabkan ketombe. Namun, sebenarnya, memberi kondisioner pada akar rambut sangat penting karena akar rambut lebih rentan terhadap kerusakan.

5. Mengeringkan dengan handuk tebal

Banyak produk rambut yang meminta Anda untuk mengeringkan rambut dengan handuk. Tapi jika Anda melakukannya terlalu sering, hal ini bisa merusak kutikula rambut Anda. Cukup tekan-tekan rambut dengan handuk, lalu pisahkan helai-helainya dengan jari tangan Anda. Rambut Anda akan lebih lama keringnya tapi hal ini akan membuat rambut Anda terhindar dari kerusakan.

6. Tidak memakai pelindung panas

Kita semua tahu bahwa panas adalah salah satu unsur yang paling merusak rambut. Jika Anda ingin rambut tetap indah tanpa meninggalkan blow-drying, curling, rebonding, selalu gunakan produk pelindung rambut dari panas untuk melindungi helai dan kutikula halus. Saat blow-drying, usahakan memilih setting hangat (warm), dan bukannya panas (hot) untuk mencegah kerusakan.

7. Menggunakan peralatan panas pada rambut basah

Rambut basah dan peralatan panas tidak boleh bersatu. Alat pengeriting dan pelurus rambut dapat membakar folikel rambut yang basah dan menyebabkan kerusakan. Rambut harus benar-benar kering sebelum di styling dengan alat yang panas. Bahkan ketika Anda sedang terburu-buru.

8. Menggunakan hairspray sebelum styling

Pernah mendengar bunyi mendesis saat Anda meluruskan atau mengeriting rambut yang sebelumnya telah diberi hairspray? Alkohol di hairspray terbakar saat kontak dengan panas. Selalu gunakan hairspray meluruskan atau mengeriting rambut.

 

Sumber: www.womenshealthmag.com

Tags : kecantikanrambuttips kecantikan